Apa Itu Mikrotik? Pengenalan Dan Penjelasan Lengkap Mikrotik

Apa Itu Mikrotik? Pengenalan Dan Penjelasan Lengkap Mikrotik - Kembali lagi di blog Root Flash, Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan artikel tentang Apa Itu Mikrotik? Pengenalan Dan Penjelasan Lengkap Mikrotik, dan admin telah menyiaplkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan pada Artikel mikrotik, yang kami tulis ini dapat dengan mudah anda pahami. baiklah, tidak usah berlama-lama selamat membaca.

Judul : Apa Itu Mikrotik? Pengenalan Dan Penjelasan Lengkap Mikrotik
link : Apa Itu Mikrotik? Pengenalan Dan Penjelasan Lengkap Mikrotik

Baca juga


Apa Itu Mikrotik? Pengenalan Dan Penjelasan Lengkap Mikrotik

       Mikrotik adalah salah satu hardware jaringan yang simple dan kecil barangnya tapi manfaatnya gede :D mikrotik juga salah satu favorit Si Mas untuk membangun sebuah jaringan dan suatu jaringan sangat apdol jika ada mikrotik :D

       Lebih bagus lagi jika di sanding dengan Linux sebagai servernya (y) Mikrotik, sebenarnya nama ini merupakan nama sebuah perusahaan produsen software dan hardware router, menjadi produsen jaringan yang sangat terkenal di dunia IT. Nama Mikrotik juga digunakan sebagai brand produk mereka, yaitu MikroTik RouterOS dan MikroTik RouterBoard. Perusahaan ini berada di Eropa Utara tepatnya di Riga, Latvia.

       MikroTik RouterOS RouterOS merupakan produk dari Mikrotik yang berupa software. RouterOS berfungsi sebagai sistem operasi yang di-install pada PC/komputer. Sistem operasi ini akan mengubah komputer tersebut menjadi sebuah router dengan segala fitur yang sudah ada di dalamnya. RouterOS ini dibangun  berdasarkan Linux Kernel 2.6.

       Sebetulnya mikrotik ini merupakan perkembangan dari kernel linux Debian. RouterOS saat ini sudah mampu men-support banyak driver dan perangkat seperti ethernet, ISDN, USB 3G Modem, V35, Wireless card, memory card hingga LCD. Sebagai sebuah sistem operasi, RouterOS sudah memiliki fungsi yang melebihi sebuah router biasa. Fitur-fitur yang dapat diakomodasi antara lain:
  1. Routing
  2. Firewall
  3. User Management
  4. Bandwidth limiter
  5. Tunnel dan VPN
  6. Network Tools (Ping, MAC ping, Torch, Watchdog, dll)
RouterOS ini memiliki beberapa jenis lisensi yang menentukan fitur-fitur yang dapat kita gunakan. Lisensi Mikrotik disimpan di dalam media penyimpanan di mana RouterOS terinstall seperti Hardisk, USB, compact flash, dll. Jika Anda ingin menginstall ulang RouterOS, jangan sekali-kali memformat hardisk Anda karena lisensi ini akan hilang. Solusinya adalah menginstallnya langsung dengan cara menimpa RouterOS yang sudah ada. Level Lisensi MikroTik RouterOS:
  • Level 0 Free, gratis
  • Level 1 Demo, perlu registrasi
  • Level 3 WISP CPE, hanya lisensi volume
  • Level 4 WISP, $45
  • Level 5 WISP, $95
  • Level 5 Contoller, $250


     MikroTik RouterBoard Mikrotik RouterBoard ini adalah produk hardware dari Mikrotik. RouterBoard ini dibuat untuk menggantikan PC/komputer. Dengan ukuran yang lebih kecil dan sederhana, RouterBoard tentu lebih efektif digunakan terutama di tempat-tempat yang sulit dijangkau seperti di puncak tower. Terdapat banyak versi RouterBoard yang beredar di pasaran, kita dapat memilih sesuai dengan kebutuhan kita. Setiap seri memiliki interface yang berbeda.

     RouterBoard menggunakan sistem pengkodean tertentu yang menunjukkan seri dan fasilitas yang ada di dalamnya.
Contoh :

RouterBoard 432
4 : Kelas/seri RouterBoard
3 : Memiliki 3 port ethernet
2 : Memiliki 2 slot miniPC/Wireless

Biasanya, terdapat kode lain di belakang versi seperti RouterBoard 432 U yang berarti RouterBoard tersebut juga dilengkapi dengan USB port.

    Kode lain yang secara umum terdapat di belakang versi:
U : USB port
A : Advanced (level lisensi di atas 4)
R : Terdapat wireless card embedded
H : High performance dengan processor yang lebih tinggi
G : Memiliki Gigabit Ethernet.

    Mikrotik RouterBoard memiliki beberapa jenis arsitektur yang berbeda berdasarkan hardware dan versi. Setiap versi harus di-install dengan software RouterOS yang tepat. Berikut adalah arsitektur yang dimiliki Mikrotik:
  • MIPSBE : untuk arsitektur CRS series, RB4xx series, RB7xx series, RB9xx series, RB2011 series, SXT, OmniTik, Groove, METAL, SEXTANT
  • x86 : untuk arsitektur PC / X86, RB230 series
  • PPC : untuk arsitektur RB3xx series, RB600 series, RB800 series, RB1xxx series
  • MIPSLE : untuk arsitektur RB1xx series, RB5xx series, RB Crossroads
  • TILE : untuk arsitektur CCR series
Mikrotik juga memberikan sertifikasi bagi siapa saja yang telah lulus ujian MikroTik. Terdapat beberapa program training dan sertifikasi yang disediakan oleh MikroTik antara lain:
  • MTCNA - MikroTik Certified Network Associate
  • MTCRE - MikroTik Certified Routing Engineer
  • MTCWE - MikroTik Certified Wireless Engineer
  • MTCTCE - MikroTik Certified Traffic Control Engineer
  • MTCUME - MikroTik Certified User Management Engineer
  • MTCINE - MikroTik Certified Inter-networking Engineer
MTCNA merupakan sertifikasi dasar yang harus diikuti pertama kali karena menjadi syarat utama untuk mengikuti sertifikasi lainnya. Jika Anda berminat Anda dapat mencoba mendaftar langsung di website resmi mikrotik.com. Di sana Anda dapat mencoba soal-soal ujian yang telah disediakan. Jika lulus ujian, Anda akan mendapatkan sertifikat yang diakui secara internasional dan dapat diakses langsung di website MikroTik.


Demikianlah artikel kali ini tentang Apa Itu Mikrotik? Pengenalan Dan Penjelasan Lengkap Mikrotik

dengan adanya artikel Apa Itu Mikrotik? Pengenalan Dan Penjelasan Lengkap Mikrotik yang admin bagikan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan atau artikel menarik selanjutnya dan terimaksih telah berkunjung.

Anda sekarang membaca artikel Apa Itu Mikrotik? Pengenalan Dan Penjelasan Lengkap Mikrotik dengan alamat link https://cararootflashandroid.blogspot.com/2017/02/apa-itu-mikrotik-pengenalan-dan.html