Cara Merubah Partisi GPT ke MBR Saat Install Ulang Windows

Convert GPT to MBR

GPT yaitu singkatan dari Guide Partition Table yang mana partisi ini menggunakan identifikasi yang unik pada Hardisk, dan biasanya GPT ini digunakan untuk BIOS jenis UEFI supaya lebih maksimal, Kelebihan GPT yaitu dapat mempartisi HDD atau perangkat penyimpanan lebih dari 2 TB. Sedangkan MBR hanya mampu mempartisi sebanyak atau maksimal 2 TB saja .

Namun bagi pengguna yang terbiasa menggunakan windows 7 atau mempunyai spesifikasi komputer masih low end lebih mudah untuk menggunakan MBR partisi. Maka dari itu jika kita menggunakan GPT (biasanya bawaan laptop baru partisinya GPT) tidak bisa menginstall windows dan diperlukan untuk merubah GPT ke MBR.

Berikut cara Merubah GPT to MBR Partisi

NB. Cara ini dapat menghinlangkan data anda (Formated), Silahkan backup data anda ke hardisk atau flash drive sementara.

1. Pada saat masuk penginstallan windows, Pasti sobat stuck dan tidak bisa melanjutkan menginstall windows karena menggunakan partisi GPT. Seperti gambar dibawah.
Error Windows tidak bisa install pada GPT partition
Error Windows tidak bisa install pada GPT partition
2. Buka comand prompt (cmd) dengan menekan shift + F10.

3. Setelah terbuka cmd maka ketikkan perintah diskpart

4. Setelah masuk ke diskpart, Coba untuk melihat hardisk anda dengan perintah list disk , Pada saat ini pastikan hardisk mana yang memiliki partisi GPT dengan ciri-ciri ada tanda * pada kolom GPT.

5. Selanjutnya pilih HDD yang ingin dirubah menggunakan GPT dengan masukkan perintah select diks 0 

6. Selanjutnya masukkan perintah clean

7. Selanjutnya kita konversi GPT ke MBR dengan perintah convert mbr

Lihat gambar dibawah untuk memperjelas
convert GPT to MBR
convert GPT to MBR

Begitulah cara merubah partisi GPT ke MBR pada saat penginstallan windows . Semoga cara diatas dapat membantu sobat dalam mengalami masalah saat install ulang laptop baru.
Tidak ada komentar :