Cara Root Samsung Galaxy Note 8, Unlock Bootloader, Install TWRP Terbaru (LENGKAP)

Cara Root Samsung Galaxy Note 8, Unlock Bootloader, Install TWRP Terbaru (LENGKAP)

Cara Root Samsung Galaxy Note 8, Unlock Bootloader, Install TWRP Terbaru (LENGKAP) - Samsung Galaxy Note 8 merupakan flagship keluaran terbaru andalan Samsung saat ini. Smartphone bongsor dengan spesifikasi paling mutakhir diantara flagship buatan vendor lain tersebut resmi meluncur secara global pada akhir Agustus lalu, disusul sesi pre-order untuk wilayah Indonesia sekitar satu minggu kemudian (8/9).

Terdapat dua pilihan paket bundling yang ditawarkan Samsung untuk peminat yang ada di tanah air. Bundling pertama dinamai Regular Package, dengan harga Rp 12.999.000 pengguna akan mendapatkan satu set Samsung Galaxy Note 8 dan juga speaker wireless AKG senilai Rp 1.799.000. Bundling kedua dinamai Productivity Package, dengan harga Rp 13.499.000 pengguna akan mendapatkan satu set Samsung Galaxy Note 8 dan satu Samsung Dex Station serta software Microsoft Office 365 Personal Edition.

Samsung Dex Station merupakan dock yang bisa merubah smartphone seri Galaxy terbaru (Galaxy Note 8, Galaxy S8/S8+) menjadi sebuah desktop komputer. Cara kerjanya, Samsung Dex Station harus dihubungkan ke sebuah monitor eksternal sebagai tampilan layarnya, kemudian sambungkan peripheral lain seperti mouse dan keyboard untuk alat pengoperasiannya. Terakhir, tancapkan smartphone seri Galaxy yang sudah disebutkan diatas ke Dex Station.
Bagi Anda pengguna baru yang sedang mencari tutorial cara root Samsung Galaxy Note 8 dan juga install custom recovery (TWRP) untuk keperluan modding seperti install tweaks atau pasang custom ROM, berikut ini step by step terlengkap yang bisa Anda ikuti.

Sebelum melakukan kedua proses tersebut, langkah wajib yang harus dilakukan pengguna agar semuanya bisa berjalan dengan lancar yakni melakukan unlock bootloader supaya kernel yang ada di Samsung Galaxy Note 8 ini bisa di modifikasi atau di flash.

Kernel itu sendiri merupakan bagian inti yang ada di sebuah sistem operasi, fungsi utamanya yaitu sebagai penghubung antara hardware (dalam hal ini adalah smartphone) dengan software (perangkat lunak; sistem operasi; aplikasi).

Untuk proses rooting nya kita akan menggunakan tools yang bernama Magisk sedangkan untuk install TWRP Recovery  kita akan memakai ODIN Flash Tool buatan Samsung sendiri. Secara keseluruhan, alur lengkapnya sebagai berikut:
  1. Unlock bootloader Samsung Galaxy Note 8 (supaya kernel bisa di modifikasi)
  2. Install custom recovery TWRP Samsung Galaxy Note 8 (untuk menggantikan stock recovery yang memiliki sedikit fitur dibanding custom recovery layaknya TWRP)
  3. Root Samsung Galaxy Note 8 menggunakan Magisk

Cara Root Samsung Galaxy Note 8, Unlock Bootloader, Install TWRP Terbaru (LENGKAP)

Tutorial berikut hanya untuk Samsung Galaxy Note 8 Exynos (N950F/FD/X/N) saja. Jadi, jangan sekali-kali mencobanya di varian lain (Qualcomm) kalau Anda tidak ingin smartphone tersebut bootloop atau mati suri.

Baca semua step by step berikut dengan cermat dan hati-hati. Penulis tidak bertanggung jawab terhadap kerusakan yang bisa saja terjadi dalam proses ini. Satu lagi, unlock bootloader akan menghapus seluruh data memori internal smartphone Anda, sehingga akan lebih baik jika Anda segera melakukan backup atau memindahkan data-data penting yang ada di memori internal ke memori atau storage lain.

Persiapan:

Cara Unlock Bootloader Samsung Galaxy Note 8 Termudah

Cara unlock bootloader Samsung Galaxy Note 8 terbilang sangat mudah dibanding smartphone lain terutama Xiaomi yang harus menunggu verifikasi dari developer sampai dengan sepuluh hari lamanya (baca Cara Unlock Bootloader Semua Xiaomi Terbaru Dengan Mudah). Selain itu kita juga tidak perlu mengunduh file tambahan apapun, cukup dari ponsel nya langsung kita sudah bisa melakukan unlock bootloader.
  • Buka Settings < About Phone
  • Tap sebanyak tujuh kali pada Build Number untuk mengaktifkan menu Developer Options
  • Buka Settings < Developer Options
  • Centang menu OEM Unlock untuk membuka akses bootloader
  • Jangan lupa untuk centang menu USB Debugging juga untuk proses berikutnya
  • Selesai, status bootloader Galaxy Note 8 Anda sudah unlocked

Cara Install & Pasang TWRP Recovery di Samsung Galaxy Note 8 Menggunakan ODIN Flash Tool

  • Buka folder ODIN yang sudah Anda ekstrak sebelumnya, kemudian jalankan file eksekutornya (Odin3 v3.12.7.exe)
  • Masukkan file TWRP berekstensi TAR yang sudah Anda unduh sebelumnya di slot AP
  • Matikan Samsung Galaxy Note 8 Anda, masuk ke Download Mode. Caranya, tekan tombol volume bawah + tombol Bixby + tombol power hingga masuk ke menu Download Mode. Tekan tombol volume atas ketika muncul peringatan persetujuan
  • Sambungkan smartphone ke komputer atau laptop menggunakan kabel data USB
  • Pastikan Galaxy Note 8 Anda terdeteksi di ID:COM di bagian kiri atas software
  • Tekan tombol Start untuk memulai proses flashing TWRP Recovery
  • Setelah muncul tulisan PASS berwarna hijau, tandanya TWRP Recovery berhasil di flash
  • Sekarang saatnya untuk melakukan pengujian. Matikan ponsel Anda, tekan tombol volume atas + tombol Bixby + tombol power secara bersama-sama sampai masuk ke TWRP Recovery
Cara Root Samsung Galaxy Note 8, Unlock Bootloader, Install TWRP Terbaru (LENGKAP)

Cara Root Samsung Galaxy Note 8 Menggunakan Magisk

  • Setelah Anda berhasil masuk ke TWRP Recovery menggunakan cara diatas, Anda akan melihat pesan yang berisi permintaan izin modifikasi sistem. Pilih "Keep /system RO" dalam arti TWRP akan membiarkan system tetap read-only alias tidak bisa dirubah
  • Pilih menu Wipe
  • Pilih "Format Data". Tekan Yes jika muncul dialog konfirmasi
  • Kembali ke menu utama, pilih Reboot kemudian pilih Recovery untuk kembali ke TWRP dalam kondisi smartphone sudah di factory reset
  • Pilih menu Install
  • Cari file dm-verify & force encryption disabler berekstensi ZIP yang sudah Anda pindah sebelumnya kemudian install
  • Setelah selesai, balik lagi ke menu Install, cari file Magisk berekstensi ZIP yang sudah Anda pindah sebelumnya kemudian install
  • Selesai, reboot smartphone Anda ke system
Demikian tutorial lengkap cara unlock bootloader, install TWRP Recovery dan root Samsung Galaxy Note 8 ini.

Isi kolom komentar dibawah jika ada hal yang ingin Anda tanyakan.
Tidak ada komentar :