Selasa, 14 November 2017

Cara Memperbaiki Error Screen Overlay Detected di Android Paling Mudah

Cara Memperbaiki Error Screen Overlay Detected di Android Paling Mudah - Tutorial singkat ini akan membahas bagaimana cara termudah memperbaiki error "Screen Overlay Detected" yang umumnya terjadi pada seluruh perangkat Android baik itu perangkat yang menggunakan versi Android keluaran lama maupun yang baru.

Pada dasarnya, mempelajari segala sesuatu itu caranya mudah. Yang jelas, pahami basic nya terlebih dahulu lalu praktikkan. Hal itu juga berlaku ketika kita mempelajari cara menggunakan smartphone. Balita yang baru berumur satu tahun pun sekarang sudah pintar menonton video di YouTube tanpa perlu bantuan orang tuanya.

Hampir seluruh pengguna smartphone pasti pernah mengalami situasi dimana smartphone tersebut hang, freeze, tidak bisa dioperasikan tanpa diketahui penyebabnya, bootloop tidak bisa masuk ke sistem, kehilangan data-data penting di smartphone dan lain-lain. Jika sudah demikian, biasanya kita hanya bisa pasrah lalu pergi ke tukang servis untuk memperbaikinya.

Sebetulnya, error pada perangkat ber-sistem operasi itu tidak selalu memerlukan penanganan yang serius. Kamu bisa mencoba memperbaikinya sendiri sebelum menyerahkannya ke pihak yang lebih expert.

Terkadang jasa servis yang kamu percaya itu lebih memilih mengambil jalan pintas tanpa terlebih dahulu melakukan troubleshooting misalnya hanya karena aplikasi kamera Android mengalami crash (force close) setiap kali dibuka, mereka langsung melakukan flashing ulang firmware / ROM. Memang, cara itu mungkin terbukti manjur tapi konsekuensinya seluruh data smartphone kamu hilang. Padahal ada cara yang lebih gampang seperti clear data & cache aplikasi terkait, update aplikasi di Google Play Store, mencoba aplikasi alternaif dan lain-lain. Biaya flashing mahal, data pribadi hilang semua pula. Apes.

Satu kasus yang tidak semua orang bisa memperbaikinya sejauh ini yakni error screen overlay detected. Biasanya error tersebut muncul ketika pengguna memiliki aplikasi floating seperti Facebook Messenger, CleanMaster, Lux, Twilight dan masih banyak lagi yang lain.

Entah itu merupakan suatu bug atau apa, mungkin aplikasi yang bersangkutan crash dengan aplikasi lain sehingga sistem mengirimkan feedback error tersebut ke pengguna.

Setelah kamu mengetahui apa yang menyebabkan error screen overlay detected itu, kini saatnya kita lakukan eksekusi untuk menghilangkan pesan error yang mengganggu tersebut.

Baca juga Cara Fix 4G LTE Redmi Note 3 PRO Semua ROM Tanpa Root buat kamu pengguna Redmi Note 3 PRO yang 4G nya masih terkunci a.k.a locked

Cara Memperbaiki Error Screen Overlay Detected di Android Paling Mudah

Pertama, pastikan kamu tahu sekiranya aplikasi mana yang memiliki permission draw over other apps. Untuk mengetahui daftar aplikasi yang terpasang dengan permission tersebut, ikuti langkah berikut.
  • Buka aplikasi Settings
Cara Memperbaiki Error Screen Overlay Detected di Android Paling Mudah
  • Pilih menu Apps
Cara Memperbaiki Error Screen Overlay Detected di Android Paling Mudah
  • Tekan menu Advanced
Cara Memperbaiki Error Screen Overlay Detected di Android Paling Mudah
  • Pilih Draw over other apps
Cara Memperbaiki Error Screen Overlay Detected di Android Paling Mudah
Kedua, cari aplikasi yang sekiranya menimbulkan error screen overlay detected ini. Pastikan kamu tahu aplikasi mana yang terakhir kali kamu pasang dan menyebabkan error ini.

Misalnya pada kasus yang saya alami, setelah saya memasang aplikasi Screen Balance yang berguna untuk menormalkan warna LCD saya (umumnya LCD smartphone yang saya pakai berwarna kekuningan sehingga untuk menyeimbangkannya saya memakai aplikasi Screen Balance tersebut lalu saya tambah saturasi warna birunya agar imbang) error tersebut muncul. Padahal sebelumnya tidak pernah ada masalah apapun selama saya memakai smartphone ini.

Untuk kasus yang kamu alami, belum tentu sama dengan kasus saya. Jadi identifikasi aplikasi yang terpasang di smartphone Android kamu. Dari berbagai sumber menyebutkan bahwa CleanMaster seringkali menjadi dalang dibalik error screen overlay detected ini.

Setelah kamu menemukan sumber error nya, sekarang saatnya untuk menghapus aplikasi tersebut. Kalau tidak, cukup di disable saja melalui menu Apps itu tadi.

Pastikan semuanya berjalan dengan lancar dan apabila error tersebut sudah tidak muncul, berarti selamat masalahmu telah beres. Ya, hanya itu saja trik nya. Terdengar sepele bukan? Masih mau flashing ulang firmware dengan jasa servis ratusan ribu? Saya ogah.

Demikian cara memperbaiki error screen overlay detected di Android ini. Jika ada saran atau masukan dari kamu (misal kamu punya metode lain yang lebih efektif untuk memperbaiki error ini) jangan sungkan untuk membagi tips nya di kolom komentar di bawah ini.

Semoga bermanfaat.

Oh iya, baca Cara Unlock dan Root Xiaomi Mi A1 Dengan Satu Kali Klik Terbaru khusus buat kamu pengguna setia Xiaomi Mi A1 yang kece badai dengan dual camera ganda nya itu.
Previous Post
Next Post

0 Please Share a Your Opinion.: