Cara Agar Sukses Beli Saat Flash Sale Lazada 100% Ampuh

Cara Agar Sukses Beli Saat Flash Sale Lazada 100% Ampuh

Cara Agar Sukses Beli Saat Flash Sale Lazada 100% Ampuh - Beberapa minggu terakhir ini, dimulai sejak akhir Desember 2017 hingga sekarang, Indonesia tengah dilanda demam smartphone murah buatan Xiaomi. Ya, pabrikan barang elektronik yang bermarkas di Beijing ini nampaknya berhasil membuat ulah untuk yang kesekian kalinya setelah Xiaomi mengeluarkan berbagai macam varian smartphone kelas mid-range yang dibekali spesifikasi unggulan namun urusan harga tetap ramah di kantong konsumen, sebagai penutup tahun 2017 yang lalu dengan penuh percaya diri mereka merilis varian baru lagi yakni Xiaomi Redmi 5A.

Bukan tanpa sebab smartphone yang digadang-gadang rajanya ponsel untuk pemula itu banyak diminati dan diburu pecinta gadget hingga sekarang. Pasalnya, smartphone yang dijual resmi di harga kurang dari satu juta rupiah tersebut nampaknya berhasil membuat brand sebelah ketar-ketir sampai muncul isu black campaign yang berfokus menjelek-jelekkan smartphone terbaru Xiaomi ini. Tapi apa mau dikata, dewasa ini mayoritas masyarakat Indonesia sudah mahir memilah-milah mana barang yang worth it untuk dimiliki tidak sekedar bagus di merk saja melainkan secara menyeluruh.

Selain harganya yang bisa dibilang sangat terjangkau, Redmi 5A memiliki spesifikasi yang sepertinya terlalu bagus untuk range harga ini. Saya pernah mengulas tentang alasan Xiaomi Redmi 5A seharga kurang dari satu juta rupiah sangat layak untuk dimiliki. Dari beberapa faktor yang bisa dijadikan pertimbangan seperti harga, spesifikasi, build quality, komunitas, layanan after sales, smartphone yang satu ini siap untuk kamu ajak bersenang-senang sepanjang waktu.

Hari ini tanggal 10 Januari 2018 merupakan penjualan resmi ketiga Redmi 5A di Lazada. Penjualan pertama diadakan pada 27 Desember 2017 lalu sedangkan penjualan yang kedua digelar pada 3 Januari 2018 minggu lalu. Alasan Xiaomi memilih melakukan penjualan secara flash sale di Lazada, rumornya untuk meningkatkan minat dan antusiasme masyarakat agar seolah-olah Redmi 5A ini menjadi produk yang eksklusif dan terbatas serta layak untuk dimiliki. Atau bisa jadi memang stock yang mereka sediakan tidak begitu banyak sehingga dengan menjual ponsel 999 ribu ini melalui metode "siapa cepat dia dapat" maka pemiliknya bisa lebih merata.

Banyak orang yang seakan menangis di hari flash sale Redmi 5A itu. Bagaimana tidak? Mereka yang sudah bersusah payah ikut mengantri sejak flash sale belum dimulai, ketika tiba waktunya melakukan pembelian mereka justru dihadapkan dengan masalah lain seperti server down, barang di troli hilang, disuruh refresh halaman karena pengunjung membludak, sampai yang paling memprihatinkan transaksi dibatalkan oleh sistem.

Beberapa menit setelah penjualan resmi dibuka, biasanya hanya tertinggal banner bertuliskan sold out dihalaman Lazada. Sesaat setelah itu rata-rata mereka yang tidak kebagian smartphone ini langsung melakukan demonstrasi di fanpage Xiaomi sekedar meluapkan kekesalannya karena mereka merasa ditipu, dipermainkan, dibodohi karena penjualan flash sale ini dirasa fiktif akibat mereka tidak pernah sekalipun berhasil mengikuti penjualan kilat tersebut sampai tiga kali berturut-turut. Bahkan ada yang secara terang-terangan mengajak gelud pihak Lazada.

Banyak pihak yang memanfaatkan moment flash sale Xiaomi Redmi 5A ini untuk meraup keuntungan pribadi. Sebenarnya Redmi 5A juga dijual di toko offline namun harganya rata-rata membengkak hingga 50% dari harga normal. Bagi pihak-pihak yang paham dengan metode penjualan flash sale tentu sudah mempunyai strategi tersendiri agar mereka berhasil mendapatkannya tidak hanya satu unit tapi banyak. Nantinya, setiap unit yang mereka dapat akan dijual kembali dengan harga yang selisihnya lumayan. Sepuluh Redmi 5A seharga 999 ribu masing-masing dijual 1,5 juta, berapa keuntungan yang diperoleh?
Saya mengikuti flash sale Xiaomi Redmi 5A ini enam kali. Yang pertama pada waktu flash sale 27 Desember 2017, yang kedua 10 Januari 2018, untuk yang ketiga 17 Januari 2018 sedangkan yang keempat 24 Januari 2018, yang kelima tanggal 31 Januari 2018 yang lalu dan yang keenam 2 Februari 2018. Apakah saya mendapatkannya? Sayangnya sih begitu.

Cara Agar Sukses Beli Saat Flash Sale Lazada 100% Ampuh

Dulu saya kerap mengikuti penjualan semacam ini. Seingat saya Lazada menerapkan penjualan flash sale pertama kali waktu Xiaomi merilis Redmi 1S beberapa tahun silam. Setelah metode tersebut dianggap berhasil memberikan keuntungan banyak pihak, brand smartphone lain pun tidak mau ketinggalan memanfaatkan cara itu hingga sekarang.

Bagi kamu yang sudah berkali-kali mengikuti flash sale yang diadakan oleh Lazada namun tidak pernah berhasil mendapatkan apa yang kamu inginkan, tak perlu diambil pusing. Ikuti tips singkat berikut ini agar penantianmu tidak sia-sia lagi.

Update! Khusus buat kamu yang masih sekolah, baca Tips Ikut Flash Sale Redmi 5A Lazada Khusus Anak Sekolah Terbaru

Inilah tips ampuh agar kamu sukses beli barang saat flash sale di Lazada

Koneksi internet
Ketika kamu hendak mengikuti penjualan kilat a.k.a flash sale di Lazada, pastikan kamu memiliki kecepatan internet yang stabil. Perlu digaris bawahi bahwa kamu tidak harus mencari koneksi internet super kencang atau mencari jaringan WiFi yang terbukti memiliki speed tinggi, cukup sediakan koneksi internet yang stabil (dalam arti ping nya rendah dan tidak naik turun).

Perlu diketahui bahwa dua kali mengikuti flash sale Redmi 5A ini saya hanya menggunakan koneksi internet 4G dari tethering smartphone. Hasilnya cukup memuaskan. Jadi itu semua tidak semata-mata dipengaruhi oleh kecepatan internet yang kencang melainkan kestabilan internet lebih diutamakan agar kamu lebih mudah terhubung ke server Lazada.

Beli lewat browser komputer atau laptop
Lazada memiliki aplikasi official yang bisa dipasang di Android. Aplikasi tersebut menawarkan fitur yang lengkap, bisa dibilang mirip dengan situs aslinya. Kamu pun juga bisa membeli barang apapun yang dijual disana lewat aplikasi itu.

Masalahnya flash sale itu merupakan suatu proses penjualan barang yang sangat rentan mengalami gangguan, terutama masalah server karena dalam waktu yang bersamaan situs tersebut diserbu ribuan pengunjung. Dalam waktu yang bersamaan tersebut, seluruh pengguna melakukan request ke server. Akibatnya bukan tidak mungkin server Lazada kewalahan menanggapi request seluruh user yang mengakibatkan error 502 Bad Gateway alias server overload.

Alasan melakukan pembelian flash sale lebih baik memakai browser dibandingkan lewat aplikasi semata-mata agar kamu lebih mudah menangani masalah yang akan kamu hadapi nanti. Dengan menggunakan komputer, kamu bisa lebih mudah melakukan refresh halaman, berpindah tab dan melakukan checkout.

Persiapkan akunmu
Sebelum flash sale Lazada resmi dimulai, pastikan beberapa menit atau jam sebelumnya kamu sudah mempersiapkan akun yang akan kamu pakai nanti. Mempersiapkan disini dalam arti kamu sudah memeriksa alamat rumahmu dengan benar, memeriksa data pribadi seperti nama dan nomor telepon, memeriksa metode pembayaran dan lain-lain. Dengan begitu, ketika flash sale sudah dibuka, maka kamu tinggal melanjutkan ke proses checkout nya saja (dari troli pilih checkout lalu pilih alamat tujuan yang sudah kamu set, kemudian pilih metode pembayaran dan beres).

Jangan lupa juga untuk melakukan login sebelum flash sale secara resmi dibuka oleh Lazada. Kan nyesek kalau barang sudah masuk di troli mu tapi ternyata kamu belum masuk ke Lazada sedangkan bayangan server error dalam waktu dekat sudah menghantui. Bisa-bisa kamu hanya membuang-buang waktu mengurusi proses login ke akunmu.

Stand by beberapa menit dari jam yang ditentukan Lazada
Saya cukup tercengang pada waktu mengikuti flash sale Redmi 5A pertama akhir Desember lalu. Bayangkan, Lazada mengumumkan bahwa flash sale smartphone ini dimulai tepat pukul 11.00 WIB sedangkan faktanya jam 10.59 WIB barang sudah bisa dibeli. Lantas apa yang saya lakukan? Saya yang kebetulan jam 10.59 WIB merefresh browser secara tidak sengaja mengetahui hal ini langsung buru-buru menekan tombol BELI SEKARANG kemudian sesegera mungkin checkout hingga tuntas karena bisa dipastikan tidak lama kemudian seluruh orang akan datang menyerbu barang tersebut.

Karena saat itu memang yang pertama Redmi 5A dijual secara flash sale, tidak banyak orang yang menyadari keanehan ini. Rasa senang dan merasa konyol saya rasakan saat itu mengingat yang namanya flash sale seharusnya diwarnai dengan bumbu-bumbu penyedap minimal server down sedangkan yang saya alami, sejak saya tekan tombol BELI SEKARANG hingga selesai checkout, semuanya berjalan sangat cepat tanpa ada hambatan apapun.

Jadi buat kamu yang ingin memperoleh barang melalui flash sale di Lazada, pastikan kamu sudah stand by di depan komputer atau laptop paling tidak satu menit lebih awal dari jadwal yang sudah ditentukan kemudian refresh halaman penjualan yang sudah ditentukan. Siapa tahu kamu beruntung.

Checkout ga pake ribet
Ini merupakan point paling penting buat kamu semua yang akan mengikuti penjualan kilat di Lazada. Ya, "checkout ga pake ribet". Sesaat setelah tombol SEGERA HADIR berubah menjadi BELI SEKARANG alangkah baiknya kamu segera menyelesaikan transaksimu itu atau kalau tidak kamu tidak akan mendapatkan barang yang kamu incar.

Mengingat masalah server yang sampai sekarang selalu terjadi ketika penjualan kilat di Lazada, akan lebih baik jika kamu sesegera mungkin membeli barang yang kamu inginkan tanpa perlu repot melihat detail lain seperti memeriksa nama barang, memeriksa alamat, memeriksa harga dan lain-lain. Jangan buang-buang waktumu untuk berputar-putar di halaman yang sama. Intinya, tekan tombol BELI SEKARANG kemudian klik tombol checkout, tekan tombol next ketika kamu dihadapkan dengan tampilan alamat, pilih metode pembayaran maksimal 3 detik setelah itu langsung proses pesananmu.

Sebisa mungkin jangan pilih metode pembayaran COD untuk meminimalisir tindak kecurangan kurir
Faktanya, tidak sedikit pengguna yang mengalami masalah dengan kurir ketika melakukan COD seperti status barang berubah menjadi diterima padahal pembeli belum menerima barang tersebut yang berarti bisa jadi Redmi 5A pesanan kamu di tilap oleh kurir / di bayar sendiri oleh kurir tersebut. Beruntung jika kamu memperoleh kurir yang jujur dan secara terang-terangan bertanya apakah Redmi 5A pesanan kamu boleh dibeli? Meski demikian itu tetap saja merupakan hal yang kurang patut ditiru.

Buat kamu yang saat ini benar-benar menginginkan smartphone ini, meski tempat tinggalmu bukan di daerah jabodetabek namun metode pembayaran COD tersedia, alangkah baiknya kamu memilih metode pembayaran lain seperti pembayaran via Indomaret atau Alfamart untuk meminimalisir tindak kecurangan kurir. Dengan melakukan pembayaran terlebih dahulu (non-COD), maka kurir yang akan mengantarkan barang tidak memiliki hak untuk menilap atau menggondol Redmi 5A pesanan kamu.

*Mohon maaf jika ada salah kata mengenai statement saya diatas, tidak bermaksud menyinggung / menjatuhkan pihak manapun

Sabar & tenang
Terakhir, bersabarlah ketika membeli produk melalui sistem penjualan flash sale seperti Xiaomi Redmi 5A ini. Tak perlu panik misal kamu dihadapkan dengan masalah server error karena hal itu memang wajar terjadi akibat trafik yang begitu masif di satu barang di Lazada. Ikuti instruksi yang keluar di layar monitormu, jika Lazada menyarankan untuk menunggu lebih baik kamu tunggu hingga sistem selesai memproses.

Masukkan Redmi 5A ke Wishlist
Untuk memudahkan kamu dalam melakukan checkout, lebih baik kamu memasukkan Redmi 5A yang kamu mau ke daftar Wishlist. Selain tampilan halaman Wishlist itu simple, kamu bisa memantau ke-empat varian warna Redmi 5A secara langsung melalui Wishlist ini (dengan syarat kamu harus memasukkan ke-empat produk tersebut terlebih dahulu).

Salah satu keuntungan menggunakan Wishlist yakni kamu bisa memantau stock produk yang tersedia. Jika varian warna yang kamu pilih stock nya sudah habis, kamu bisa dengan cepat berpindah ke varian lain dari halaman yang sama. Menarik kan?

Untuk memasukkan Xiaomi Redmi 5A ke Wishlist caranya mudah. Buka halaman produk Redmi 5A sesuai warna yang kamu inginkan, setelah itu lihat di sisi kanan halaman ada tombol 'Tambahkan ke wishlist', masukkan ke kategori wishlist yang sudah kamu buat atau jika kamu belum pernah membuat wishlist, pilih 'Buat wishlist baru'.

Berikut ini link seluruh varian Redmi 5A yang tersedia di Lazada saat ini:
Cara Agar Sukses Beli Saat Flash Sale Lazada 100% Ampuh

Beberapa error yang sering muncul ketika mengikuti flash sale di Lazada serta cara menanganinya

Error 502 Bad Gateway
Error ini muncul ketika server Lazada sedang down secara total akibat request yang dikirim pengunjung begitu besar. Jika kamu menghadapi situasi ini ketika mengikuti flash sale, cara mengatasinya cukup refresh browsermu berulang-ulang hingga halaman Lazada muncul kembali.

Error oops, mohon maaf, saat ini kami sedang melakukan perbaikan. Untuk sementara, situs tidak dapat diakses karena sedang mengalami perbaikan. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Kunjungi kami beberapa saat lagi
Error ini juga terjadi akibat masalah server yang mengalami overload. Umumnya jika setelah muncul error ini server Lazada tidak segera ditangani maka akan berakibat error 502 Bad Gateway. Cara menanganinya masih sama seperti tips sebelumnya yakni dengan me-refresh halaman berulang-ulang hingga halaman terbuka kembali.

Error kami mendeteksi bahwa Anda memasukan pesanan yang sama. Mohon periksa daftar pesanan Anda dan periksa email Anda sebelum melanjutkan. Jika Anda merasa tidak memasukan pesanan yang sama, silakan tunggu 180 detik dan coba lagi
Error ini biasa terjadi ketika sudah sampai tahap checkout pada waktu konfirmasi pemesanan setelah memilih metode pembayaran. Kemungkinan besar error ini muncul ketika pengguna telah menekan tombol konfirmasi pemesanan namun disaat yang bersamaan server Lazada mengalami down (muncul error oops) kemudian pengguna me-refresh halaman dan akibatnya pengguna itu terdeteksi mengirim request yang sama dua kali ke server (duplicated) sehingga pengguna dialihkan ke halaman metode pembayaran lagi disertai munculnya error diatas. Cara menangani error ini, agar pesanan kamu terdeteksi tidak sama dengan request sebelumnya, pilih metode pembayaran lain misal jika sebelumnya kamu memilih metode pembayaran Indomaret maka ganti menjadi Alfamart. Cara lain yang bisa kamu lakukan, hapus barang yang ada di troli kamu kemudian lakukan pembelian ulang dengan resiko gagal melakukan pembelian lebih besar.

Baik, itulah beberapa point penting yang bisa kamu catat agar sukses membeli barang saat mengikuti flash sale di Lazada. Jika kamu punya tips lain mengenai cara membeli produk saat mengikuti flash sale, share di kolom komentar dibawah ini.

Rabu, 7 Februari 2018 flash sale Redmi 5A ada lagi lo. Tersedia empat varian warna yang bisa kamu pilih. Salah satu varian warna baru yang ditawarkan Xiaomi yakni warna Rose Gold. Tertarik?

Buat kamu pengguna Redmi 5A baru yang hingga sekarang masih bingung bagaimana cara unlock bootloader smartphone murah nan kece ini, baca Tutorial Cara Unlock Bootloader Xiaomi Terbaru Lengkap Dengan Gambar
Khusus user Moto G5S Plus, pengen install Google Camera support HDR+ tanpa root terbaru? Buka artikel Download Google Camera Untuk G5S Plus Support HDR+ Terbaru
Tidak ada komentar :