Minggu, 04 Februari 2018

Cara Mengembalikan Sinyal Hilang di Moto G5S Plus Akibat Ganti Band US

Cara Mengembalikan Sinyal Hilang di Moto G5S Plus Akibat Ganti Band US - Belakangan ini ada beberapa kasus pengguna Moto G5S Plus secara sengaja merubah frekuensi band smartphone nya ke United States lewat secret code via dialer dengan harapan memperoleh kualitas sinyal yang lebih baik dari sebelumnya namun bukan jaringan berkekuatan tinggi yang di dapat melainkan sinyal SIM justru hilang sepenuhnya. Bagaimana hal itu bisa terjadi? Apakah smartphone seharga tiga jutaan rupiah ini tidak cocok dengan frekuensi jaringan di Amerika Serikat? Bagaimana cara memperbaiki sinyal Sanders yang terlanjur hilang akibat merubah pengaturan band ke US?

Seperti yang kita tahu, sejauh ini Moto G5S Plus memiliki sekitar lima varian yang berbeda, antara lain XT1803 untuk wilayah Europe, XT1805 untuk Europe juga namun support Dual SIM card, XT1806 untuk wilayah United States / US / USA, XT1804 untuk wilayah India, dan XT1802 khusus wilayah Brazil. Untuk area Indonesia kok tidak ada? Khusus Indonesia, varian yang dipakai yakni XT1805 dimana salah satu versi Sanders tersebut proses produksinya dilakukan langsung di Indonesia sehingga kebutuhan spesifikasinya pun sudah disesuaikan dengan standar yang ada di negara kita tercinta ini.

Cara Mengembalikan Sinyal Hilang di Moto G5S Plus Akibat Ganti Band US

Kira-kira apa sih yang membedakan tiap varian Moto G5S Plus diatas? Kan tipe hapenya sama semua? Yang pasti frekuensi band nya, karena tiap operator masing-masing negara di berbagai belahan dunia memiliki standar frekuensi jaringan tersendiri sehingga tidak menutup kemungkinan Moto G5S Plus yang kamu beli di Indonesia ketika dibawa keluar negeri jaringannya tidak muncul sama sekali meski kamu melihat ada smartphone serupa milikmu banyak dipakai disana. Selain frekuensi band nya yang berbeda, terkadang varian versi tertentu di rilis dengan kapasitas storage yang berbeda entah itu lebih besar dari versi normal nya atau bisa jadi lebih kecil.

Salah satu bagian terpenting dari spesifikasi sebuah smartphone adalah frequency band alias pita frekuensi. Alasannya, karena frekuensi band menentukan apakah smartphone yang bersangkutan kompatibel dengan standar operator jaringan dan bisa digunakan di jaringan operator wilayah terkait atau tidak.
Kasus jaringan hilang di Moto G5S Plus akibat mengganti frekuensi band ke US melalui secret code *#*#4636#*#* merupakan bukti bahwa kita tidak boleh merubah jenis band semau kita karena masalah kompatibilitas frekuensi. Tips menguatkan kualitas sinyal Android dengan mengganti jaringan ke band lain yang banyak beredar selama ini nyatanya tidak sepenuhnya benar.

Saya akui memang dulu sekitar tahun 2013 saat Sony Xperia masih berjaya, banyak orang bilang dengan mengganti band Android ke negara lain (misal Japan) bisa membuat jaringan smartphone kita menjadi lebih stabil dan kencang. Tapi faktanya di tahun itu sudah ada kasus sinyal hilang karena pengguna memilih radio band US. Jadi, kesimpulannya lebih baik jangan sekali-kali menyentuh menu band tersebut karena kamu hanya akan mendapat kesusahan jika tidak paham cara mengatasinya. Terlebih di Moto G5S Plus pilihan band nya hanya ada United States, tidak ada Japan ataupun Automatic.

Cara Mengembalikan Sinyal Hilang di Moto G5S Plus Akibat Ganti Band US

Cara memunculkan sinyal SIM card yang hilang di Moto G5S Plus akibat mengganti radio band ke US

Ada satu cara yang sampai saat ini masih ampuh dipakai untuk memperbaiki sinyal yang hilang karena mengganti band ke US. Sejujurnya tutorial yang akan saya berikan ini tidak hanya untuk Moto G5S Plus saja melainkan semua Android merk lain juga bisa mencobanya.
  • Pertama, aktifkan menu Developer options untuk menyalakan USB Debugging. Caranya, masuk ke Settings < About phone kemudian tekan Build number beberapa kali hingga muncul toast message 'You are now a Developer'
  • Setelah Developer options aktif, kembali ke halaman utama Settings, pilih menu tersebut (letaknya diatas menu About phone)
  • Cari menu USB Debugging kemudian aktifkan
  • Unduh ADB disini kemudian ekstrak folder yang ada di dalam nya ke komputer / laptop kamu
  • Sambung smartphone kamu ke komputer / laptop menggunakan kabel data USB
  • Buka folder ADB yang sudah kamu ekstrak sebelumnya, tekan tombol SHIFT + klik kanan kemudian pilih menu 'Open command window here' untuk membuka CMD yang mengarah ke folder tersebut (atau kamu bisa melakukan pointing manual jika mau)
  • Matikan smartphone mu kemudian masuk ke bootloader mode. Caranya, tekan tombol power + volume bawah beberapa saat sampai muncul gambar Android sedang diperbaiki dan di ikuti beberapa keterangan lain mengenai status smartphone mu itu
  • Jalankan perintah 'fastboot devices' untuk memeriksa apakah smartphone mu sudah tersambung fastboot dengan benar atau belum
  • Jika sudah, jalankan perintah berikut secara berurutan:
fastboot erase modemst1
fastboot erase modemst2
Hasilnya kurang lebih seperti ini,
Cara Mengembalikan Sinyal Hilang di Moto G5S Plus Akibat Ganti Band US

Setelah semua beres, langkah terakhir tinggal jalankan perintah 'fastboot reboot' untuk booting ulang Moto G5S Plus mu. Tidak ketinggalan, berdoa lah semoga sinyal yang hilang akibat merubah band US muncul kembali seperti sedia kala. #aamiin

Baik, demikian tutorial singkat cara mengembalikan sinyal hilang di Moto G5S Plus akibat mengganti band ke US ini. Jika ada hal yang salah atau kurang jelas, isi kolom komentar di bawah ini. Jangan sungkan juga untuk request tutorial lain seputar Android yang kamu inginkan jika ada.

Semoga bermanfaat.


Khusus kamu pengguna Moto G5S Plus yang masih bingung cara mengaktifkan LED notifikasi tanpa harus melakukan rooting, baca Alternatif Cara Mengaktifkan LED Notifikasi Moto G5S Plus Tanpa ROOT Terbaru
Ingin ningkatin kemampuan kamera Moto G5S Plus secara signifikan tanpa perlu root dan sebagainya? Gampang. Tinggal pasang Google Camera khusus Moto G5S Plus yang support fitur HDR+, dijamin hasil fotomu nanti kece abis! Selengkapnya baca artikel Download Google Camera Untuk G5S Plus Support HDR+ Terbaru Tanpa ROOT
Previous Post
Next Post

0 Please Share a Your Opinion.: