Perangkat Jaringan Beserta Fungsinya

Perangkat Jaringan Beserta Fungsinya - Kembali lagi di blog Root Flash, Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan artikel tentang Perangkat Jaringan Beserta Fungsinya, dan admin telah menyiaplkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan pada Artikel tutorial, yang kami tulis ini dapat dengan mudah anda pahami. baiklah, tidak usah berlama-lama selamat membaca.

Judul : Perangkat Jaringan Beserta Fungsinya
link : Perangkat Jaringan Beserta Fungsinya

Baca juga


Perangkat Jaringan Beserta Fungsinya

Perangkat Jaringan

   Ownmind akan share beberapa dari perangkat perangkat yang sering digunakan dalam sebuah jaringan. Yaitu Modem , Access Point, Router, dan Hub / Switch . Yuk Simak apasih mereka itu.

Modem

Modem

Istilah Modem merupakan singkatan dari dua kata yaitu Modulator dan Demodulator.Fungsi modem adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi untuk komunikasi dua arah yang merubah sinyal digital menjadi sinyal analog atau sebaliknya untuk mengirimkan pesan/data ke alamat yang dituju. Bisa juga diartikan sebagai perantara untuk menghubungkan komputer kita ke jaringan internet. Dan Modem merupakan penggabungan dari kedua sistem tersebut diatas, sehingga modem merupakan alat komunikasi dua arah.

Access Point

Access Point

Dalam ilmu jaringan komputer, pengertian Wireless Access Point yaitu perangkat keras yang memungkinkan perangkat wireless lain (seperti laptop, ponsel) untuk terhubung ke jaringan kabel menggunakan Wi-fi, bluetooh atau perangkat standar lainnya. WirelessAccess point umumnya dihubungkan ke router melalui jaringan kabel (kebanyakan telah terintegrasi dengan router) dan dapat digunakan untuk saling mengirim data antar perangkat wireless (seperti laptop, printer yang memiliki wifi) dan perangkat kabel pada jaringan.

Router

Router

Router merupakan perangkat jaringan yang bekerja pada OSI Layer 3, Network Layer. Pada layer ini sudah dikenal pengalamatan jaringan menggunakan IP Address, dan router ini berperan penting sebagai penghubung/penerus paket data antara dua segmen jaringan atau lebih.

Router berfungsi utama sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Perbedaannya dengan Switch adalah kalau switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN).

Switch

Switch

Switch adalah sebuah alat jaringan yang melakukan penjembatan (penghubung) banyak jaringan dengan pengalihan berdasarkan alamat MAC.

Switch jaringan dapat digunakan sebagai penghubung komputer atau Router pada satu area yang terbatas, Switch juga bekerja pada lapisan data link, cara kerja swicth hampir sama seperti bridge, tetapi switch memiliki banyak port sehingga sering dinamakan multi-port bridge.


Demikianlah artikel kali ini tentang Perangkat Jaringan Beserta Fungsinya

dengan adanya artikel Perangkat Jaringan Beserta Fungsinya yang admin bagikan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan atau artikel menarik selanjutnya dan terimaksih telah berkunjung.

Anda sekarang membaca artikel Perangkat Jaringan Beserta Fungsinya dengan alamat link https://cararootflashandroid.blogspot.com/2016/08/perangkat-jaringan-beserta-fungsinya.html