Routing Mikrotik Agar Client dapat Terkoneksi Internet

Routing Mikrotik Agar Client dapat Terkoneksi Internet - Kembali lagi di blog Root Flash, Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan artikel tentang Routing Mikrotik Agar Client dapat Terkoneksi Internet, dan admin telah menyiaplkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan pada Artikel mikrotik, Artikel tutorial, yang kami tulis ini dapat dengan mudah anda pahami. baiklah, tidak usah berlama-lama selamat membaca.

Judul : Routing Mikrotik Agar Client dapat Terkoneksi Internet
link : Routing Mikrotik Agar Client dapat Terkoneksi Internet

Baca juga


Routing Mikrotik Agar Client dapat Terkoneksi Internet

Seperti Pada dasarnya, Routing ini bertujuan untuk menghubungkan mikrotik ke Internet dan Internet tersebut dihubungkan pada port yang lain yang bertujuan untuk membagi koneksi Internet kepada client atau jaringan yang lainnya.

Routing sebuah jaringan adalah hal yang paling dasar dalam membangun sebuah jaringan. Routing pada mikrotik juga dapat menghubungkan lebih dari 2 IP address karena port dari mikrotik sendiri rata rata memiliki 5 Port RJ45. Jadi setiap port bisa kita jadikan kategori dari client seperti client lantai 1 lantai 2 dan sebagainya. 

Sebelum melakukan routing ada baiknya kita mengganti nama dari port ethernet pada mikrotik supaya mudah diingat.
Berikut Langkah-langkah nya :

Hubungkan Mikrotik dan remote mikrotik melalui winbox atau putty , Jika Melalui Putty Klik New Terminal untuk memasukkan perintah.

1. Ganti nama port interface supaya memudahkan untuk mengingat settingan nantinya.Ubah ether1 menjadi Internet,dan ether2 menjadi lan.
Tampilkan terlebih dahulu port yang tersedia pada mikrotik :

interface print
interface set name=internet numbers=0
interface set name=lan numbers=1

Ket : numbers adalah no urut yang ada di sebelah kiri. Kesimpulan jadi kita ubah ether1 (num0) jadi internet dan selanjutnya.

2. Setting IP address pada mikrotik, Isikan IP address pada port 1 menuju ke Internet dan Port 2 sebagai Master Lokal.

ip address add address=192.168.1.254/24 interface=internet
ip address add address=10.33.222.1/24 interface=lan


Ket : IP untuk menuju internet sesuaikan dengan Ip ISP mu. dan Gateway saya 192.168.1.1
3. Setelah setting IP address, Selanjutnya kita setting gateway internet dan DNS server internet dan juga Firewall NAT agar internet dapat terhubung kesemua ethernet Mikrotik.

ip route add gateway=192.168.1.1
ip dns set servers=192.168.1.1,8.8.8.8 allow-remote-requests=yes
ip firewall nat add chain=srcnat out-interface=internet action=masquerade

4. Setelah Semuanya selesai, kita coba ping google.com. Dan jangan lupa hubungkan mikrotik ke client untuk cek client apakah terhubung ke internet atau belum. (Jangan lupa konfigurasi IP address pada client dan Sesuaikan dengan Port yang terhubung)


Demikianlah artikel kali ini tentang Routing Mikrotik Agar Client dapat Terkoneksi Internet

dengan adanya artikel Routing Mikrotik Agar Client dapat Terkoneksi Internet yang admin bagikan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan atau artikel menarik selanjutnya dan terimaksih telah berkunjung.

Anda sekarang membaca artikel Routing Mikrotik Agar Client dapat Terkoneksi Internet dengan alamat link https://cararootflashandroid.blogspot.com/2017/02/routing-mikrotik-agar-client-dapat.html