Cara Menambah RAM Android Dengan Mudah (Part 1)

Cara Menambah RAM Android Dengan Mudah

Cara Menambah RAM Android Dengan Mudah - Artikel berikut ini merupakan artikel lama (1 May 2016) yang diterbitkan ulang oleh pemilik karena blog yang lama telah dihapus. Meski demikian, artikel berikut masih layak untuk disimak.

Perkembangan smartphone Android kian hari kian meningkat. Banyaknya kebutuhan pengguna dalam pemakaian smartphone membuat berbagai vendor terus melakukan inovasi khususnya dalam hal spesifikasi.

Dibanding dengan lima tahun yang lalu dimana smartphone Android masih tergolong baru di pasarnya, smartphone Android era sekarang unggul lebih dari sepuluh kali lipat bila dilihat dari segi spesifikasi.

Tidak hanya itu, banyak juga fitur-fitur yang merupakan inovasi baru seperti Fingerprint Scanner yang saat ini banyak terpasang di Android flagship buatan Sony, LG, Xiaomi dan Huawei yang menawarkan kemudahan bagi pengguna untuk keperluan tertentu seperti membuka lockscreen tanpa pattern atau password maupun PIN atau untuk melakukan verifikasi pembayaran digital.

Rata-rata smartphone Android saat ini dibekali kapasitas RAM di kisaran 2GB. Untuk pemakaian sehari-hari, RAM 2GB cukup kuat untuk menangani multi-tasking berat. Meski demikian, tentunya harus di imbangi juga dengan dapur pacu yang mumpuni, katakanlah CPU quad-core keatas.

Beberapa waktu yang lalu saya membeli sebuah smartphone baru, Xiaomi Redmi Note 3 PRO. Lumayan, handheld yang rilis Februari 2016 ini memiliki specs dan fitur yang tergolong canggih.

Pertama, Xiaomi Redmi Note 3 PRO merupakan varian dari Xiaomi Redmi Note 3. Xiaomi Redmi Note 3 PRO terbagi menjadi beberapa varian lagi, 16GB memori internal dengan 2GB RAM (milik saya) dan 32GB memori internal dengan 3GB RAM.

Bedanya versi biasa dengan PRO apa? Silahkan googling sendiri.

Kedua, Xiaomi Redmi Note 3 PRO memiliki kamera utama 16MP dengan dukungan PDAF alias phase-detection autofocus, sebuah teknologi untuk focusing yang memiliki kecepatan baik seperti pada kamera DSLR.

Untuk kamera depan 5MP, cukup jernih bila dipakai selfie diruang terbuka.

Selain itu Xiaomi Redmi Note 3 PRO juga dilengkapi dengan dual-led flash yang memiliki power dua kali lipat dari flash biasa dan berwarna fluorescent dan amber (kekuningan) yang berguna untuk menaturalkan hasil bidikan.

Ketiga, Xiaomi Redmi Note 3 PRO dengan chipset Qualcomm Snapdragon 650 Hexa-core dipadukan RAM 2GB dan GPU Adreno 510 menghasilkan performa yang smooth, score AnTuTu Benchmark berada di kisaran tujuh puluh ribu hingga delapan puluh ribu untuk smartphone Android seharga dua juta lima ratusan ribu rupiah.

Seperti tutorial cara menambah RAM Android pada umumnya yang intinya RAM Android tidak bisa ditambah dan dinaikkan karena RAM Android dirakit built-in tidak modular seperti perangkat komputer atau laptop, pengguna hanya bisa memaksimalkan penggunaan RAM yang dikonsumsi oleh aplikasi-aplikasi yang ter-install dengan menambah swap RAM Android.

Apa itu swap RAM? Apakah swap RAM bisa menambah RAM Android?

Android dibangun menggunakan kernel dari Linux, sehingga beberapa fitur umum yang dimiliki Linux seperti swap Partition untuk memori RAM juga berlaku di Android.

Ada kalanya sebuah Android terasa berat ketika di operasikan karena penumpukan aplikasi yang berjalan di background dan menghabiskan kapasitas RAM smartphone hingga nol byte.

Pada kondisi seperti ini, umumnya smartphone Android akan hang atau freeze sejenak sampai kapasitas RAM ter-recycle dan system dapat berjalan lagi dengan normal perlahan-lahan.

Disini, peran swap RAM membantu memori RAM internal menampung overload (dalam arti RAM internal yang sudah kehabisan sisa akan ter-ekspansi atau melebar berkat Swap RAM) sehingga smartphone tetap bisa dioperasikan dengan lancar.

Cara Menambah RAM Android Dengan Mudah

Satu-satunya aplikasi yang ringan dan bisa digunakan untuk menambah swap RAM sebagaimana mestinya yakni Swapper for Root.

Sebelum mempraktekkan tutorial ini, pastikan smartphone kamu sudah dalam kondisi ter-root
  • Unduh Swapper for Root gratis di Google Play Store
  • Aktifkan Swapper for Root dengan mencentang Active Swap on Boot
  • Pilih direktori dimana Anda akan menyimpan file swap ini, klik Choose Swap Directory
  • Sesuaikan Swap File Size dengan kebutuhan, tidak perlu dibuat terlalu besar, cukup di kisaran 256MB sampai 512MB
  • Untuk parameter swappiness default nya 60, sesuaikan dengan selera Anda. Semakin tinggi value swappiness nya semakin banyak RAM yang di swap
  • Selesai, tekan Save
  • Swapper for Root akan membuat sebuah file swap di direktori yang Anda pilih, prosesnya memakan waktu beberapa saat, tergantung seberapa banyak Anda membuat swap file

Cara Menambah RAM Android Dengan Mudah
Begitulah cara menambah RAM Android yang benar dengan memanfaatkan swap RAM.

Untuk tutorial cara menambah RAM Android lain, tunggu artikel berikutnya.

Semoga bermanfaat.
Tidak ada komentar :