Minggu, 20 Agustus 2017

Xiaomi Mi A1, Generasi Terbaru Android One Racikan Xiaomi?

Xiaomi Mi A1, Generasi Terbaru Android One Racikan Xiaomi?

Xiaomi Mi A1, Generasi Terbaru Android One Racikan Xiaomi? - Kita semua tahu bahwa di tahun 2014 yang lalu Google membuat sebuah proyek smartphone Android murah yang bertujuan untuk menghadirkan smartphone dengan dukungan penuh dari pihak mereka diikuti dengan standard spesifikasi yang telah ditentukan agar sesuai dengan requirement sistem operasi Android terbaru dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Kala itu Google menggandeng vendor smartphone lokal seperti Mito, Evercoss, Nexian dan Infinix untuk memproduksi smartphone murahnya itu.

Sebut saja proyek Android One.

Diawal kemunculannya, Android One sangat diminati oleh masyarakat. Smartphone ini dijual dengan harga yang sangat terjangkau dengan sistem operasi yang paling baru kala itu (dimana tidak semua smartphone menengah kebawah mendapat pembaharuan resmi dari vendor masing-masing sedangkan Android One ini selalu mendapat pembaharuan secara berkala baik minor ataupun mayor).

Namun sayang, tak bertahan lama proyek Android One ini lesu peminat dikarenakan munculnya pesaing yang menawarkan lebih banyak keunggulan dari segi spesifikasi, fitur, dan tentunya harga.

Xiaomi Mi A1, Generasi Terbaru Android One Racikan Xiaomi?
Xiaomi Redmi 4X
Berbeda dari tahun 2014, di era sekarang ini banyak kita temui smartphone dengan spesifikasi diatas rata-rata dengan harga yang begitu ekonomis. Selain itu variannya pun banyak. Sebut saja Xiaomi. Perusahaan asal Beijing, China yang memproduksi beragam produk elektronik ini tak pernah berhenti menggebrak pasar smartphone dengan inovasi-inovasi terbaru mereka.

Bisa dibilang Xiaomi ini merupakan perusahaan yang paling berani menyuguhkan kualitas diatas harga pada umumnya. Flagship terbarunya saat ini yaitu Xiaomi Mi 6, dibanderol kurang dari enam juta rupiah, spesifikasi yang ditawarkan sebanding dengan Samsung Galaxy S8 yang dibanderol hampir sepuluh juta rupiah itu.

Selain itu, Xiaomi juga memiliki berbagai macam varian smartphone dibawah dua juta rupiah yang sangat populer di Indonesia saat ini. Salah satunya Redmi 4X yang saat ini menjadi primadona bagi pengguna dengan budget terbatas.

Sebulan yang lalu, Xiaomi meluncurkan varian lain dari Xiaomi Mi 5 yakni Mi 5X. Untuk sementara, smartphone ini hanya tersedia di negara asalnya saja alias belum dirilis secara global. Meski demikian, rumor yang beredar menyebutkan bahwa Xiaomi Mi 5X akan dirilis di Indonesia. Hal ini terbukti dari munculnya smartphone ini di halaman POSTEL, sebuah lembaga sertifikasi perangkat telekomunikasi resmi milik pemerintah.

Xiaomi Mi A1, Generasi Terbaru Android One Racikan Xiaomi?
Xiaomi Mi 5X dengan kode MDG2 di halaman POSTEL
Dari deskripsinya bisa kita lihat bahwa Mi 5X ini menggunakan dual-SIM dengan software yang dibuat oleh Google (dalam artian murni stock ROM Android). Padahal selama ini kita tahu bahwa smartphone Xiaomi umumnya dibekali dengan custom ROM MIUI. Di kalimat selanjutnya disebutkan bahwa Android One memiliki akses sekuriti, aplikasi dan inovasi terhadap smartphone ini. Itu artinya Google secara sembunyi-sembunyi telah bekerja sama dengan pabrik raksasa asal China ini untuk meneruskan misi smartphone murah mereka.

Entah bagaimana bisa Xiaomi Mi 5X tercatat sebagai Android One di halaman POSTEL dengan kode MDG2. Faktanya di halaman sertifikasi milik Xiaomi sendiri, MDG2 itu merupakan model dari Xiaomi Mi A1 yang baru kali ini terdengar namanya.

Xiaomi Mi A1, Generasi Terbaru Android One Racikan Xiaomi?
Xiaomi Mi A1 dengan model MDG2 di halaman sertifikasi milik Xiaomi
Hingga berita ini ditulis, belum ada konfirmasi dari pihak yang bersangkutan terkait Xiaomi Mi A1 ini. Disatu sisi Android seri O baru akan diumumkan akhir Agustus ini, disisi lain kita mengharapkan smartphone Android murah yang compatible dengan Android versi terbaru tersebut.

Semoga saja.
Previous Post
Next Post

0 Please Share a Your Opinion.: