Cara Flash ROM Resmi Mi 4C Dari ROM Distributor Locked Bootloader Lengkap

Cara Flash ROM Resmi Mi 4C Dari ROM Distributor Locked Bootloader Lengkap

Cara Flash ROM Resmi Mi 4C Dari ROM Distributor Locked Bootloader Lengkap - Xiaomi Mi 4C merupakan varian Xiaomi Mi 4 yang masih tergolong baru (sebelumnya ada Mi 4i yang sudah lama rilis sekitar tiga tahun lalu).

Mi 4C resmi diperkenalkan awal 2016 lalu sebagai upaya Xiaomi untuk mengamankan pangsa pasar smartphone kelas menengah sebelum akhirnya Mi 5 secara resmi dikeluarkan. Selain itu ada Mi 4S (varian terakhir Mi 4) yang di launching bersamaan dengan Mi 5.

Dirakit dengan bahan body polikarbonat dengan layar HD 5 inch serta USB Type-C yang memiliki banyak kelebihan dan chipset Qualcomm Snapdragon 808 hexa-core, smartphone ini layak disandingkan dengan Nexus 5X buatan Google atau LG G4 walau jika dilihat dari harga pembeliannya sangat lah jauh.

Meski popularitas Xiaomi Mi 4C di Indonesia tidak seperti Redmi 3 ataupun Redmi Note 3 namun cukup banyak distributor yang mengangkut smartphone ini ke tanah air dengan harga bersaing. Beberapa toko online rata-rata mematok harga Mi 4C di kisaran satu juta tiga ratus ribu sampai dengan satu juta enam ratus lima puluh ribu. Cukup terjangkau bukan?

Saya pribadi pernah membeli smartphone ini dua kali dengan garansi distributor yang sama namun di tempat berbeda. Untuk keperluan sehari-hari, Mi 4C multi-tasking nya cukup responsive dan dari style nya lumayan kece (ala-ala iPhone menurut saya). Selain itu saya juga suka dengan kamera nya. Xiaomi Mi 4C ini memakai sensor IMX258 buatan Sony yang kualitasnya (katanya) terbaik di kelasnya. Hasilnya sih oke jika disandingkan Redmi Note 3 PRO saya.

Jadi, hingga tulisan ini di publish, Xiaomi Mi 4C secara resmi hanya tersedia di China saja sedangkan untuk ROM nya sendiri juga hanya tersedia versi China. Hal itu tidak menjadi masalah karena jika hanya terkendala di Google Play nya saja masih ada cara lain untuk mengatasinya.

Masalahnya, Xiaomi Mi 4C versi distributor masuk ke Indonesia dengan ROM Distributor atau yang biasa kita kenal dengan ROM abal-abal (bukan ROM resmi) sehingga mau tidak mau harus kita flash ke ROM MIUI original (official). Mengapa demikian? ROM Distributor mengandung banyak aplikasi bloatware yang tidak kita perlukan dan akan lebih baik jika aplikasi-aplikasi itu ditiadakan. Selain itu, ROM Distributor bukanlah ROM MIUI asli sehingga Anda tidak akan memperoleh update software dari Xiaomi jika memakai ROM ini.

Aplikasi bloatware adalah aplikasi Android yang seharusnya tidak ada dan tidak kita perlukan. Adanya aplikasi bloatware terkait kontrak distributor dengan pihak-pihak tertentu (misal operator seluler atau developer aplikasi)
Masalah lain yang kita hadapi, Mi 4C tergolong smartphone baru keluaran Xiaomi yang bootloader nya sudah di kunci alias locked bootloader. Hal ini akan menyulitkan pengguna dalam beberapa hal seperti flashing firmware, rooting dan lain-lain.

Meski sebetulnya bootloader bisa dibuka dengan langkah yang sudah diberitahukan oleh Xiaomi namun itu memerlukan waktu. Mi 4C tidak akan bisa di flash hanya melalui Fastboot Mode jika bootloader nya masih terkunci.

Lantas bagaimana cara flash ROM resmi Mi 4C dari ROM Distributor abal-abal dalam kondisi locked bootloader?

Cara Flash ROM Resmi Mi 4C Dari ROM Distributor Locked Bootloader Lengkap

Sebelum melakukan flashing, hal-hal yang perlu diperhatikan agar proses berjalan dengan semestinya dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan antara lain:
  • Pastikan baterai Xiaomi Mi 4C Anda penuh atau bila terpaksa jangan sampai dibawah 70%. Karena apa? Untuk berjaga-jaga saja. Siapa tahu Anda salah download ROM Xiaomi lain (misal Anda ngotot ingin ROM Global Stable kemudian Anda unduh ROM miliknya Mi 4i Global Stable) dan terlanjur di flash atau apa lah (hanya perumpama’an). Apa bila benar-benar terjadi bisa fatal. Mi 4C mati suri, tidak bisa di charge, tidak terdeteksi di komputer / laptop dan lain-lain
  • Pastikan Anda sudah mem-backup data-data storage dan aplikasi atau apapun yang dirasa penting di memori internal Android karena semuanya akan dihapus. Cara backup nya sangat mudah. Masuk ke Settings < Additional settings < Backup & reset < Local backups kemudian tekan tombol Back up
  • Aktifkan USB Debugging, caranya masuk ke Settings < About kemudian tap sebanyak tujuh kali MIUI version, setelah itu tekan tombol back cari Additional settings lalu geser kebawah pilih Developer options, centang USB debugging
  • Pastikan Anda memakai Windows versi 64-bit (saya memakai Windows 10). Alasannya apa? Karena tools yang akan dipakai untuk flash ROM China Mi 4C hanya support di Windows versi 64-bit. Beberapa orang yang mencoba di Windows versi 32-bit mengalami gagal flashing dan smartphone Android nya bootloop
Langkah-langkah cara flash ROM resmi Mi 4C dari ROM distributor dalam kondisi locked bootloader:
  • Unduh Mi Flash Tool disini dan Qualcomm Driver disini kemudian install di komputer / laptop Anda
  • Unduh ADB Files disini kemudian ekstrak
  • Unduh ROM Fastboot Mi 4C disini, namanya “Xiaomi Mi 4c Latest China (Developer / Stable) Version Fastboot File Download” (pilih salah satu)
Cara Flash ROM Resmi Mi 4C Dari ROM Distributor Locked Bootloader Lengkap
  • Ekstrak ROM tersebut hingga menjadi sebuah folder (rename file menjadi berekstensi / berakhiran ZIP kemudian buka, ekstrak file yang ada didalamnya kemudian rename file tersebut menjadi berekstensi / berakhiran ZIP lagi hingga Anda menemukan folder yang berisi ROM Xiaomi Mi 4C)
  • Masuk ke Fastboot Mode, caranya dalam keadaan Mi 4C mati tekan tombol volume bawah dan tombol power secara bersamaan hingga muncul tulisan Fastboot
  • Sambungkan smartphone dengan komputer / laptop menggunakan kabel data asli
  • Buka CMD kemudian arahkan ke hasil ekstrakan ADB Files (atau cara paling mudahnya masuk ke folder ADB Files kemudian tekan tombol shift di ikuti klik kanan lalu pilih Open command window here)
  • Check apakah smartphone sudah tersambung dengan komputer / laptop via fastboot menggunakan perintah “fastboot devices” tanpa tanda kutip
  • Jika terdeteksi sebagai fastboot, masuk ke bootloader mode dengan perintah “fastboot oem edl” tanpa tanda kutip
  • Seketika itu juga Xiaomi Mi 4C Anda akan mati (dalam arti masuk ke bootloader mode)
Cara Flash ROM Resmi Mi 4C Dari ROM Distributor Locked Bootloader Lengkap
  • Buka Device Manager (klik kanan pada logo Windows di pojok kiri bawah kemudian pilih Device Manager) pastikan driver sudah mendeteksi smartphone dengan benar
Cara Flash ROM Resmi Mi 4C Dari ROM Distributor Locked Bootloader Lengkap
Apabila driver tidak bekerja, muncul logo warning berwarna kuning di Device Manager, mungkin Anda perlu mematikan driver signature Windows Anda. Cara mematikan driver signature bisa Anda baca di Cara Memperbaiki Redmi Note 3 PRO Bootloop Lengkap
  • Next, buka MiFlash Tool
  • Tekan tombol Refresh di sisi kanan atas sebelah tombol Flash, pastikan smartphone terdetek sebagai COM3
  • Lanjut, tekan tombol Browse lalu arahkan ke folder hasil ekstrakan ROM
Cara Flash ROM Resmi Mi 4C Dari ROM Distributor Locked Bootloader Lengkap
  • Terdapat tiga opsi flashing. Pertama, Flash all yang berarti seluruh firmware akan di install ke Mi 4C dan data-data storage Anda akan dihapus semuanya. Yang kedua, Flash all except storage yang berarti flashing firmware dilakukan tanpa menghapus data-data storage. Ketiga, Flash all except data and storage yang artinya Firmware di install tanpa menghapus data storage dan data-data aplikasi pihak ketiga yang Anda install. Terserah Anda ingin memilih opsi yang mana
  • Tekan tombol Flash
  • Tunggu hingga proses flashing Xiaomi Mi 4C dari ROM Distributor ke ROM China Official selesai, kurang lebih lima menit seluruh proses akan selesai
Cara Flash ROM Resmi Mi 4C Dari ROM Distributor Locked Bootloader Lengkap
Selesai.

Langkah terakhir setelah proses flashing ini kelar, cabut kabel data dari komputer / laptop kemudian nyalakan Mi 4C Anda, tunggu beberapa menit sampai booting pertama selesai kemudian masuk ke Settings < Additional settings < Backup & reset < Local backups lalu pilih backupan Anda tadi, tekan tombol Restore.

Mudah bukan?

Demikian cara flash ROM resmi Mi 4C dari ROM Distributor dengan kondisi locked bootloader. Semoga bermanfaat.

Isi kolom komentar berikut jika ada hal yang ingin Anda semua tanyakan.
Tidak ada komentar :