Inilah Kelebihan dan Kekurangan Nge-Root dalam Android yang Wajib Diketahui [update 2017] - oprekinaja

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Nge-Root dalam Android yang Wajib Diketahui [update 2017] - oprekinaja

Kelebihan & kekurangan Root Android


Android adalah salah satu produk smartphone yang sangat berkembang di era saat ini . Dalam pembahasan kali ini oprekinaja akan mengulas tentang Nge-Root dalam android .Mungkin kata Root sudah tidak asing lagi di telinga sobat . Banyak yang beranggapan jika kita Nge-Root akan menghilangkan garansi smartphone . Dan muncul beberapa pertanyaan .



Apakah itu benar?

Kenapa masih banyak yang melakukan proses Root pada Smartphonenya ?

Apakah mereka tidak takut?

Lalu apa saja sih Kelebihan dan Kekurangannya?

Nah,apa yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini akan menjawab semua pertanyaan diatas . Biar gak penasaran mari kita bahas yuk .
Android memang memiliki system perlindungan yang sangat bagus dan kuat  dalam kelibihannya . Namun apa sih yang gak bisa dalam era saat ini ? Semuanya banyak yang bisa di oprek dan di hack . Root salah satu pembuktiannya . 

Kelebihan dan Kekurangan Root Android


Root adalah sebuah proses pada smartphone android yang mendapatkan akses penuh untuk memodifikasi dan melakukan hal lainnya pada operasi sistem android,atau biasa disebut Akses Root .

Apabila sudah mengetahui pengertian root,sekarang kita bahas Kelebihan dan Kekurangannya .Berikut penjelasnnya :

Kelebihan dan Kekurangan Root Android


Kelebihan Root dalam Android :
  • Memberikan Pengguna Akses Penuh Dalam Sistem Android
Inilah salah satu kelebihan Rooting yang menggiurkan dan membuat pengguna android berusaha untuk melakukan proses rooting .Aksed penuh dalam sistem bisa menjadi sangat bermanfaat untuk android karena dapat melakukan apa saja dengan sepuasnya dan tentunya tidak ada batasan . Dan sangat diperlukan sekali jika kita ingin merubah atau menghapus apapun yang terkunci oleh sistem .
  • Memodifikasi smartphone
Banyak pengguna smartphone berkeinginan memodifikasi android mereka tetapi karena akses yang terkunci sistem mereka mengurunkan niatnya . Dengan melakukan proses rooting pengguna dapat dengan leluasa memodifikasi smartphonenya seperti merubah tampilan sistem android dengan tampilan yang keren dan menarik .
  • Menghapus aplikasi sistem atau bawaan smartphone
Kita sering sekali dikesalkan dengan aplikasi bawaan yang tidak penting dan berguna . Apalagi aplikasi tersebut memunculkan berbagai iklan yang memenuhi layar,nah dengan Nge-Root anda tidak perlu pusing memikirkan itu karena memang Rooting mempunyai kelebihan untuk menghapus aplikasi bawaan atau sistem . Salah satu aplikasinya itu bernama System App Remover [root] yang dapat anda download di Google Playstore .
  • Membuat android lebih ringan dan cepat
Android seiring berjalanya waktu akan terasa berat karena aplikasi yang kita install begitu banyak dan menumpuk . Dan banyak aplikasi yang berjalan otomatis pada background. Yang menyebabkan smartphone anda berat dan lambat . Rooting memberikan kemudahan untuk menjawab keluhan di atas . Anda bisa melakukan proses Hibernasi pada aplikasi aplikasi yang berjalan otomatis tersebut . Salah satu aplikasinya itu bernama Greenify yang dapat anda download pada Playstore.Tentunya anda harus mempunyai akses root dahulu . 
  • Melegakan android dengan memindahkan aplikasi bawaan ke kartu sd
Pada smartphone android banyak aplikasi tambahan yang dimasukan oleh distributor contohnya diindonesia .dristributor indonesia kadang menambahkan aplikasi tambahan dan merubahnya menjadi aplikasi bawaan yang tidak bisa kita pindahkan pada kartu sd .contohnya aplikasi tambahan antivirus,edit foto ,edit video dan banyak macamnya . Dengan akses root anda dapat meindahkan apikasi bawaan tersebut pada kartu sd atau sd Card untuk melegakan internal . Contoh aplikasi tersebut adalah Link2sd yang dapat anda download secara gratis di playstore atau dapat di download di Google.
  • Merubah tampilan dengan CustomRom Keren
Tampilan bawaan smartphone kadang membuat kita bosan melihatnya karena tidak terlalu menarik . Banyak pengguna yang memilih proses Rootinh agar dapat merubah sistem atau os smartphone mereka  . Dengan Rooting smartphone anda .anda dapt merubah sistem os anda ke customrom yang banyak tersedia dengan gratis . Yang dapat anda cari di google .namun anda harus benar benar sesuaikan dengan tipe atau model smartphone anda .dengan tampilan customrom yang banyak . Anda dapat memilih mana yang menurut anda menarik untuk dijadikan os smartphone anda .

Kekurangan Root dalam android :
  • Menghapus Garansi Smartphone
Banyak orang yang sudah tahu kalau dengan Nge-Root android mereka dapat menghapus garansi smartphone . Hal ini memang benar adanya .karena sebagian besar produsen smartphone tidak mengizinkan para penggunanya melakukan proses Rooting . Dan mereka  konsukuensi dari proses rooting ini adalah hilangnya garansi resmi .bagi beberapa pengguna tidak menghiraukannya dan memilih untuk tetap Nge-Root smartphonenya .dan mereka menyiasatinya dengan Unroot sebelum mereka pergi ke service center . Jika anda tetap ingin mengambil resiko tersebut tetapi anda ingin Nge-Root saya sarankan anda bersabar dengan menghabiskan masa waktu garansi anda sampai habis lalu anda dapat lakukan dengan tenang dan aman .Tentunya anda tidak akan rugi .
  • Keamanan android akan semakin Lemah dan Rentan 
Rooting tidak sepenuhnya aman untuk dilakukan . Contohnya resiko berikut ini,lemahnya dan rentannya keamanan android bisa terjadi jika anda melakukan Rooting .karena anda sudah sepenuhnya memegang hak untuk sistem dan akses untuk masuk ke sistem bawaan . Jika anda tidak ingin mengambil resiko ini dan sudah terlanjut terRoot . Anda dapat mengembalikan pada sistem bawaan smartphone anda dengan menginstall kembali ke firmware android anda agar anda mendapatkan keamanan sistem yang terjamin .
  • Kerusakan Sistem android yang menyebabkan BootLoop
Dampak fatal dari Proses Rooting adalah terjadi kerusakan sistem yang dapat menyebabkan bootloop atau mati total . Hal ini yang sangat ditakutkan oleh pengguna untuk melakukan Proses Rooting pada smartphonenya . Kebanyakan pengguna telah merasakan hal ini . Kerusakan tersebut bisa diakibatkan tidak cocoknya sistem dengan proses rooting yang anda lakukan atau terjadi kesalahan saat proses Rooting . Anda harus benar benar memperhatikan tipe dan model smartphone anda  untuk menyesuaikan dengan file root yang anda download .

Itulah beberapa penjelasan tentang Root,serta kelebihan dan kekurangan . Kesimpulannya, jika menurut anda Nge-Root sangat beresiko untuk smartphone anda maka alangkah lebih baiknya anda tidak mengambil resikonya .karena dalam proses root ini butuh keyakinan untuk melakukannya .Namun jika anda sudah yakin,lakukanlah dengan baik dan benar.Dan saran dari saya sobat lihat betul-betul model dan tipe smartphone anda,dan carilah cara dan langkah-langkahnya terlebih dahulu pada Google menurut model dan tipe android sobat.Cukup sekian penjelasaan artikel ini .jika artikel ini bermanfaat sobat bisa share dan comment pada kolom di bawah .

Semoga semua penjelasaan ini bermanfaat untuk sobat . Terimakasih.

Tidak ada komentar :