Limit Bandwith Mikrotik dengan Simple Queue

Kali ini kita akan membahas sebuah fungsi dari MikroTik tentang QoS. Sebelum ke pokok pembahasan, alangkah baiknya kalau kita mengetahui terlebih dahulu apa itu QoS. Mungkin diantara kita tidak asing lagi dengan istilah “pembatasan bandwith”. Nah, itulah QoS walaupun QoS sendiri tidak selalu berarti pembatasan bandwith.

QoS (Quality of Service) adalah sebuah cara yang digunakan untuk mengatur penggunan bandwith secara rasional. QoS bisa digunakan juga untuk mengatur prioritas berdasarkan parameter yang diberikan, untuk menghindari terjadinya trafik yang memonopoli seluruh bandwith yang tersedia. Bisa dikatakan QoS merupakan sebuah fungsi management bandwith. Dan fitur yang digunakan di mikrotik untuk melakukan management bandwith dikenal sebagai Queues. 

Untuk contoh implemetasi kali ini, kita akan membahas penggunaan Dinamic Queue pada Hotspot dan PPP. Dimana management badwidth dilakukan secara otomatis oleh router. 

Admin jaringan tidak perlu lagi membuat rule queue secara manual.
Berikut langkah langkah untuk Limit bandwith dengan simple queue.
1. Sekarang kita akan mencoba limit bandwith dengan target yaitu IP address client.
queue simple add name=LIMIT_CLIENT target=10.33.222.100,10.33.222.101 max-limit=512k/1M
2. Dan satu lagi limit bandwith dengan target akses pada port etherntnya.
queue simple add name=LIMIT_PORT target=ether3 max-limit=1Mk/256k


Selanjutnya boleh dicoba tes melalui speedtest di internet utuk membuktikanya.
Dibawah ini terdapat gambar hasil tes bandwith di internet.
Jadi pada intinya pada limitasi bandwith, saat kita lakukan speedtest,hasilnya kurang lebih dengan yang kita setting. Seperti Berikut.
Contoh Limit Bandwith Mikrotik 64kbps
Tidak ada komentar :