Kamis, 05 Oktober 2017

ASUS VivoBook S15 S510: Kece, Bertenaga, Terjangkau!

ASUS VivoBook S15 S510: Kece, Bertenaga, Terjangkau!

Laptop dengan layar 15 inch merupakan yang paling populer saat ini. Sayangnya, laptop semacam itu kebanyakan memiliki ukuran yang besar dan cukup berat untuk dibawa berpergian. Untuk laptop dengan ukuran layar yang sama namun lebih tipis dari segi bentuk biasanya dibanderol dengan harga yang fantastis.

Hal tersebut menjadi problematika yang dialami sebagian orang mengingat saat ini kebutuhan akan mobilitas sangat tinggi dimana orang-orang melakukan aktifitas hariannya diluar ruangan entah itu menyangkut pekerjaan ataupun refreshing dan itu semua tidak lepas dari penggunaan laptop.

Contohnya seorang pekerja desain grafis. Selain mereka dituntut untuk membuat karya-karya yang bagus sesuai permintaan client, mereka membutuhkan perangkat yang dapat menunjang kebutuhan pekerjaannya itu misalnya sebuah laptop yang ringkas agar mudah dibawa pergi sekedar mencari ide untuk karya yang dibuatnya atau untuk melakukan presentasi, memiliki spesifikasi yang mumpuni mulai dari prosesor hingga GPU agar kuat ketika dipakai untuk menjalankan software-software editing yang biasanya sangat berat jika dioperasikan di laptop biasa, dan lain sebagainya.

Ada lagi contoh seorang blogger, content writer, wartawan dan sejenisnya. Umumnya profesi tersebut banyak melakukan kegiatan diluar rumah seperti menghadiri event-event untuk meliput suatu brand, menghadiri acara komunitas dan kopdar, mengikuti acara sharing atau menjadi pembicara di acara tersebut, atau hanya sekedar nongkrong di tempat-tempat tertentu untuk menulis artikel sambil nongkrong bareng temen. Tentu mereka membutuhkan sebuah laptop yang enteng dan nyaman dipakai untuk mengerjakan pekerjaan mereka yang padat akan deadline. Tidak hanya enteng, tapi juga bertenaga.

ASUS VivoBook S15 S510: Kece, Bertenaga, Terjangkau!

Bisa dibilang, mereka membutuhkan sebuah laptop dengan desain yang slim, memiliki bobot ringan dan portabilitas yang baik, dan tentunya dibanderol dengan harga yang terjangkau. Tentunya kita tahu diluar sana ada banyak sekali brand yang menawarkan semua yang sudah disebutkan diatas namun untuk masalah harga, tidak semua orang memiliki kemampuan untuk memilikinya.

Kabar baiknya, tantangan tersebut dijawab oleh ASUS dengan menghadirkan VivoBook S15 S510, sebuah laptop ultraportable yang memiliki layar 15,6 inch namun ukuran body laptopnya hanya 14 inch, memiliki berat 1,62 kilogram dan dilengkapi berbagai macam fitur unggulan seperti desain premium dengan finishing metalik, prosesor Intel generasi ke-7 alias KabyLake berkemampuan tinggi dengan kecepatan hingga 3,1GHz yang hemat energi, dan juga kartu grafis Nvidia GeForce 940MX dengan VRAM 2GB.

Penasaran dengan ASUS VivoBook S15 S510 ini? Butuh informasi lebih detail menyangkut spesifikasi hardware dan fitur yang ada di laptop kekinian ini? Simak ulasan berikut.

ASUS VivoBook S15 S510 Review

ASUS VivoBook S15 S510: Kece, Bertenaga, Terjangkau!

Setiap tahun ASUS merilis seri laptop terbaru dengan spesifikasi tinggi yang banyak menarik minat pengguna. Keberhasilan dalam memasarkan lini produk tersebut membuat ASUS menempati peringkat 1 terbesar di pasar laptop Indonesia, berdasarkan data GfK 2017.

Salah satu produk terbaru ASUS yang revolusioner dan menjadi bahan perbincangan masyarakat saat ini yaitu VivoBook S15 S510, sebuah laptop yang di rilis beberapa bulan lalu dalam event yang diselenggarakan ASUS bertajuk "The Edge Of Beyond".

Laptop ini merupakan jawaban atas tingginya minat pasar terhadap laptop berukuran slim dan ringan dengan harga yang terjangkau. Jika brand lain menawarkan laptop serupa dengan spesifikasi yang tak jauh berbeda namun harga yang dipatok mencapai belasan atau bahkan puluhan juta, VivoBook S15 S510 dihargai tak sampai sepuluh juta rupiah.

Lantas apa saja yang menjadi sorotan dari laptop ASUS yang satu ini?

Casing yang ringan dan tipis dengan teknologi NanoEdge

ASUS VivoBook S15 S510: Kece, Bertenaga, Terjangkau!
Tampilan VivoBook S15 S510 dilihat dari atas

ASUS VivoBook S15 S510 merupakan seri VivoBook dengan desain yang paling cantik dan elegan dimana bentuk laptop ini terbilang ramping dengan bezel yang lebih sempit dari VivoBook seri sebelumnya. Hal tersebut berkat adanya teknologi NanoEdge, yakni suatu teknik untuk memaksimalkan permukaan laptop dengan menggunakan frame yang sangat tipis sekitar 0,78 centimeter saja sehingga membuat rasio screen-to-body laptop ini menjadi 80 persen dan berdampak pada bobot VivoBook S15 S510 menjadi sangat ringan dan lebih kecil dari VivoBook F556UQ.

Finishing warna emas metalik yang lembut dan penutup luar aluminimum brush menonjolkan kesan slim dari berbagai sudut pandang. Permukaannya terlihat mulus sedangkan pada bagian body diberi tekstur kasar agar laptop ini tidak licin, nampak solid dan tidak terkesan monoton.

ASUS VivoBook S15 sangat ringan untuk ukuran notebook 15 inch dengan berat hanya 1,62 kilogram saja. Dibandingkan dengan kompetitor yang rata-rata memiliki berat lebih dari 2 kilogram, laptop ini memiliki point tambah tersendiri yang tidak bisa diabaikan. Terlebih ASUS VivoBook S15 S510 juga memiliki harga yang sangat terjangkau dibanding dengan brand-brand lain.

Konektifitas yang lengkap dan mudah dijangkau

ASUS VivoBook S15 S510: Kece, Bertenaga, Terjangkau!
Tampilan port VivoBook S15 S510 sebelah kiri

Laptop ini memiliki berbagai macam kombinasi port yang hampir semua orang butuhkan di era ini. Tersedia berbagai macam port di VivoBook S15 S510 ini antara lain dua buah port USB Type-A 2.0 dan SD Card Reader di sebelah kiri laptop, USB Type-C Gen. 1, port HDMI, USB Type-A 3.0, Jack Audio dan AC Adapter di sebelah kanan laptop. Untuk bagian depan dan belakang body tidak tersedia port apapun.

Semua port diatas bisa dijangkau pengguna dengan mudah karena peletakannya yang sangat baik, posisinya ditaruh lebih dekat ke bagian belakang laptop agar nantinya jika terhubung dengan berbagai macam kabel tidak mengganggu kenyamanan pengguna.

Keyboard minimalis dengan backlit kekinian

ASUS VivoBook S15 S510: Kece, Bertenaga, Terjangkau!
Tampilan keyboard VivoBook S15 S510 dilihat dari atas

Tombol keyboard pada laptop ini cukup lembut, posisinya dibuat sedikit menurun dari body laptop, dengan dimensi 30,5 x 10,5 centimeter terasa nyaman dan tidak terlalu besar saat dipakai untuk mengetik. Terdapat sebuah sensansi feedback tiap kali tombol keyboard ditekan meski sebenarnya masing-masing tombol tersebut memiliki kedalaman yang sedikit dangkal.

Untuk bentuk tombol keyboard nya pun kokoh dan tidak menyisakan celah dibawahnya sehingga membuat tampilan laptop ini lebih minimalis. Selain itu, meski laptop ini mungil, desain keyboard nya tetap terlihat lebar dengan adanya jarak antar tombol yang ada di keyboard tersebut. Keyboard ini juga tidak bising ketika dipakai. Jadi, orang-orang sekitar tidak akan terganggu meski pengguna menekan tombol keyboard sekeras-kerasnya.

Keyboard VivoBook S15 S510 juga dilengkapi dengan backlit berwarna putih yang bisa disesuaikan tingkat kecerahannya. Alhasil, laptop ini akan tetap asik dipakai dalam kondisi apapun meski tanpa cahaya lampu sekalipun. Jadi, walau situasi sedang mati listrik atau sedang berada di ruangan yang memiliki penerangan kurang baik, laptop ini akan tetap terang dan pengguna bisa terus melakukan aktifitasnya masing-masing tanpa khawatir mengalami kendala yang berarti.

Touchpad multi fungsi dengan fingerprint scanner

ASUS VivoBook S15 S510: Kece, Bertenaga, Terjangkau!
Bentuk touchpad VivoBook S15 S510 dengan fingerprint scanner di sudut kanan atas

Touchpad dengan dimensi 10,5 x 7,5 centimeter yang ada di laptop ini responsif tanpa adanya jeda sedikitpun ketika digunakan untuk mengontrol kursor. Satu hal yang menarik pada touchpad ini, ia dilengkapi dengan fingerprint scanner sebagai pengaman berbasis biometrik yang berguna untuk berbagai macam keperluan misalnya untuk membuka lock screen Windows dan juga untuk identifikasi password.

Walaupun fingerprint scanner ini menyatu dengan touchpad, hal tersebut tidak akan mengganggu ketika kita melakukan pergerakan touchpad hingga menyentuh fingerprint scanner tersebut. Fingerprint scanner tidak akan men-tracking pergerakan tangan jika kita menyentuh touchpad terlebih dahulu.

Model tombol klik kiri dan kanan nya dibuat menyatu dengan touchpad yang mana itu sudah menjadi ciri khas khusus dan banyak diterapkan di hampir seluruh laptop ASUS keluaran terbaru. Tak perlu khawatir meleset atau salah tekan karena kedua tombol ini cukup presisi sesuai dengan tempatnya.

Touchpad VivoBook S15 S510 mendukung multi-touch dan beberapa macam gesture dengan fungsi berbeda-beda yang tentunya sangat membantu dalam pengoperasian laptop tanpa menggunakan mouse eksternal, antara lain seperti yang ada pada gambar berikut:

ASUS VivoBook S15 S510: Kece, Bertenaga, Terjangkau!

Speaker stereo dilengkapi sistem audio SonicMaster

VivoBook S15 S510 dilengkapi dengan speaker stereo 2W yang suaranya terdengar lebih nyaring dari yang diharapkan. Speaker stereo ini memiliki keseimbangan frekuensi bass dan treble yang baik meski ukuran speaker nya tidak terlalu besar (mengingat laptop ini juga bukan merupakan laptop yang besar).

Ketika dipakai dengan volume maksimal, suaranya cukup keras untuk mengisi seluruh ruangan tanpa menimbulkan efek pecah dan tidak seimbang. Meski posisi speaker nya tepat berada diatas telapak tangan sebelah kanan, hal itu tidak akan mengganggu dan menimbulkan rasa tidak nyaman bagi pengguna. Mungkin rasa getaran akibat suara yang keluar tetap ada, namun hal tersebut masih terasa wajar.

Satu hal yang perlu diketahui, VivoBook S15 S510 dilengkapi dengan sistem audio SonicMaster yang mampu menyajikan musik dengan nada yang kaya dan akurat. Didukung dengan speaker stereo membuat alunan suara menjadi makin dinamis dimana kita bisa merasakan suara instrumen yang terpisah-pisah namun tetap menyatu.

ASUS VivoBook S15 S510: Kece, Bertenaga, Terjangkau!
User interface equalizer SonicMaster yang ada pada VivoBook S15 S510

Dukungan equalizer yang sudah ditanamkan pada laptop ini memungkinkan pengguna memilih berbagai macam profile sesuai dengan kegunaan misal untuk keperluan musik, film, games dan lain-lain. Pengguna juga bisa mengaturnya secara manual sesuai selera masing-masing. Yang jelas, jangan sekali-sekali mematikan equalizer ini karena suara output nya nanti akan berubah menjadi datar sepenuhnya.

Display Full HD wide-view didukung ASUS Splendid

ASUS VivoBook S15 S510: Kece, Bertenaga, Terjangkau!
Tampilan layar VivoBook S15 S510 dilihat dari depan

VivoBook S15 S510 dilengkapi layar matte 15,6 inch beresolusi full-HD 1920 x 1080 dengan sudut pandang yang lebar mencapai 178 derajat memberikan gambar dan warna yang tajam serta detail yang tampak nyata. Saturasi layar laptop ini sangat baik sehingga warna yang dikeluarkan terasa dalam dan benar-benar hidup dari sudut ke sudut.

Terdapat sebuah tools bawaan ASUS yakni ASUS Splendid yang bisa digunakan untuk mengatur warna layar dengan beberapa mode yang disuguhkan antarai lain Normal, Manual, Vivid dan Eye Care. Ada juga pengaturan temperatur warna yang bisa dirubah secara manual.

  • Mode Normal: Mode default ASUS Splendid yang memberikan warna natural terhadap gambar
  • Mode Manual: Mode yang bisa disesuaikan pengaturan warna nya sesuai selera pengguna masing-masing
  • Mode Vivid: Mode ini memberikan saturasi warna dan vibrance lebih tinggi sehingga gambar terlihat makin hidup dari sebelumnya
  • Mode Eye Care: Mode Eye Care memberikan warna lebih dingin (kebiru-biruan) guna membuat mata tidak cepat lelah sehingga untuk penggunaan laptop jangka panjang atau penggunaan ketika kondisi cahaya sedang redup sangat baik memakai mode ini
ASUS VivoBook S15 S510: Kece, Bertenaga, Terjangkau!
User interface ASUS Splendid yang ada pada VivoBook S15 S510

Untuk penggunaan di dalam ruangan, layar laptop ini terlihat terang dan nyaman di mata. Tercatat laptop ini memiliki intensitas cahaya sekitar 238 nits, lebih baik dibanding kompetitor yang kebanyakan hanya sekitar 200 nits. Sedangkan untuk pemakaian di luar ruangan juga masih terbilang baik asal pengguna tidak berada tepat dibawah terik matahari.

Baterai 42 Wh fast-charging dengan fitur ASUS Battery Health Charging

Baterai VivoBook S15 S510 menggunakan bahan polimer Lithium 3 cell dengan fitur fast-charging, kapasitasnya sedikit lebih besar dibanding seri VivoBook sebelumnya yakni sebesar 42 Wh. Untuk penggunaan penuh ditambah WLAN, rata-rata pemakaian bisa sampai lima jam lamanya. Menariknya, durasi pemakaian tersebut bisa naik sampai dengan sepuluh jam apa bila pemakaian lebih ditekan lagi seperti dengan mengaktifkan mode Power Saver dan juga mengurangi tingkat pengaturan cahaya layar.

ASUS memiliki beberapa utility yang bisa dipakai untuk menunjang kemampuan laptop racikannya, salah satunya ASUS Battery Health Charging yang dapat meningkatkan umur baterai laptop dengan membatasi waktu pengisian daya baterai agar element yang terdapat di dalam baterai tidak cepat rusak.

Jadi, kebiasaan menancapkan AC Adapter meski baterai laptop sudah penuh itu tidak baik. Disini peran ASUS Battery Health Charging memutus daya yang masuk ke baterai jika kapasitasnya sudah mencapai 80 persen atau 60 persen (tergantung profile yang di pilih) setelah itu daya akan masuk lagi apa bila baterai sudah berada pada 78 persen atau 58 persen.

ASUS VivoBook S15 S510: Kece, Bertenaga, Terjangkau!
User interface ASUS Battery Health Charging yang ada pada VivoBook S15 S510

Untuk pengisian daya dalam kondisi baterai hampir kosong ke seratus persen memakan waktu kurang lebih satu jam empat puluh lima menit, sedangkan untuk mencapai enam puluh persen membutuhkan waktu sekitar empat puluh sembilan menit saja. Lumayan cepat dibanding laptop sejenisnya meski pada dasarnya kapasitas baterai VivoBook S15 S510 juga lumayan besar sehingga daya tampungnya lebih banyak.

ASUS VivoBook S15 S510: Kece, Bertenaga, Terjangkau!
Grafik siklus pengisian daya antara baterai merk lain dengan baterai yang menggunakan teknologi SuperBattery

Satu lagi, baterai VivoBook S15 S510 dilengkapi teknologi SuperBattery yang membuat masa pakai baterai lebih panjang sampai tiga kali lipat dibandingkan baterai yang ada pada laptop sejenisnya. Teknologi SuperBattery ini memonitoring pemakaian baterai kemudian membatasi pengisian daya sehingga menghasilkan tenaga yang efisien. Hal ini membuat siklus pengisian ulang VivoBook S15 S510 meningkat sampai dengan 900 kali, tiga kali lipat lebih banyak dari laptop biasa yang umumnya hanya sampai 300 kali.

Terdapat sebuah teknologi bernama ASUS IceCool yang disematkan di VivoBook S15 S510 ini, yakni sebuah sistem pendinginan yang efisien dengan menggabungkan sistem kontrol kipas terbaru nan canggih, sensor panas berbentuk pipa yang tipis dan metode tata letak internal yang baik sehingga bisa menjaga suhu laptop di bawah 35 derajat celcius, lebih rendah dari suhu tubuh manusia
ASUS VivoBook S15 S510: Kece, Bertenaga, Terjangkau!

Performa yang maksimal dengan racikan kelas high-end

ASUS VivoBook S15 S510 sebagai laptop kelas mid-range di bekali sejumlah hardware pilihan, juga di kombinasi dengan sejumlah fitur-fitur baru guna mendapatkan performa yang mampu menyaingi laptop sekelasnya. Antara lain,
Prosesor Intel Core i5-7200U KabyLake dengan kecepatan clock 2,5GHz dan bisa ditingkatkan sampai menyentuh angka 3,1GHz. Prosesor ini hanya membutuhkan daya 7,5 sampai 25 watt saja untuk beroperasi sehingga menjadikan laptop ini hemat daya dan memiliki waktu hidup yang lebih panjang. Untuk performanya, Intel Core i5-7200U lebih baik sekitar tiga puluh persen dalam hal multi-threading dari seri Intel Core i5 dibawahnya
Kartu grafis NVIDIA GeForce 940MX dengan VRAM 2GB yang powerful untuk berbagai keperluan seperti video editing, gaming, maupun untuk penggunaan sehari-hari. NVIDIA GeForce 900 series merupakan GPU yang tangguh meski sekarang sudah ada keluaran terbaru yakni NVIDIA GeForce 1000 series. Untuk keperluan gaming, seri 900 ini sudah cukup kuat untuk menjalankan game-game berat misalnya Grand Theft Auto 5, Dota 2, Overwatch, dan lain sebagainya
RAM DDR4 4GB hemat konsumsi daya yang berjalan di 2133MHz dan upgradeable dalam arti pengguna bisa menambah kapasitas RAM tersebut secara mandiri untuk memperoleh performa multi-tasking yang lebih baik
Ultra-fast dual-band 802.11ac Wi-Fi yang merupakan teknologi Wi-Fi unggulan dengan kecepatan maksimum mencapai 867Mbps, enam kali lebih kencang dibanding 802.11n
Hybrid storage alias dual-storage dimana sebuah laptop slim nan mungil ini dilengkapi dua buah penyimpanan yakni SSD 128GB sebagai storage utama (sistem operasi) dan HDD 1TB untuk storage penyimpanan data. Kelebihan SSD dibanding HDD yaitu SSD tidak menggunakan piringan seperti HDD melainkan hanya memakai IC untuk media penyimpanan datanya. Dari segi performanya tentu sangat berbeda dimana SSD memiliki performa jauh lebih cepat karena prinsip kerjanya tidak seperti HDD yang lelet dimana HDD harus memutar piringan terlebih dahulu untuk membaca data. Dengan adanya SSD di VivoBook ini akan meningkatkan performa secara drastis entah itu pada saat booting, mengolah aplikasi ataupun copy data
Benchmark ASUS VivoBook S15 S510:
ASUS VivoBook S15 S510: Kece, Bertenaga, Terjangkau!ASUS VivoBook S15 S510: Kece, Bertenaga, Terjangkau!ASUS VivoBook S15 S510: Kece, Bertenaga, Terjangkau!
ASUS VivoBook S15 S510: Kece, Bertenaga, Terjangkau!ASUS VivoBook S15 S510: Kece, Bertenaga, Terjangkau!ASUS VivoBook S15 S510: Kece, Bertenaga, Terjangkau!
ASUS VivoBook S15 S510: Kece, Bertenaga, Terjangkau!ASUS VivoBook S15 S510: Kece, Bertenaga, Terjangkau!ASUS VivoBook S15 S510: Kece, Bertenaga, Terjangkau!
ASUS VivoBook S15 S510: Kece, Bertenaga, Terjangkau!

Sistem operasi Endless OS yang cakep dan kebal dari serangan virus

ASUS VivoBook S15 S510 mendukung sistem operasi Windows 10. Namun untuk pasar Indonesia, laptop ini dipasarkan dengan sistem operasi Endless OS, sebuah OS berbasis Linux yang kece dan memiliki tampilan menarik dengan beragam fitur yang tetap nyaman digunakan untuk aktifitas sehari-hari.

Sistem operasi Endless OS merupakan OS buatan Endless Mobile yang memiliki lebih dari seratus aplikasi gratis siap pakai tanpa perlu mengunduh atau terhubung ke jaringan internet. OS ini bisa diunduh secara gratis melalui website resminya dan tentunya sistem operasi ini sangat compatible untuk VivoBook S15 S510 sendiri.

User interface nya minimalis, terdapat beraneka macam menu yang user-friendly (tidak membingungkan pengguna), pastinya ringan dan sangat kebal terhadap virus.

ASUS VivoBook S15 S510: Kece, Bertenaga, Terjangkau!
User interface desktop sistem operasi Endless OS

Berikut ini spesifikasi ASUS VivoBook S15 S510 secara keseluruhan:
Main Spec.ASUS VivoBook S15 S510
CPUIntel® Core™ i5 7200U Processor (3M Cache, up to 3.1GHz)
Operating SystemEndless OS
Memory4GB DDR4 RAM
Storage128GB SATA 3 M.2 SSD + 1TB HDD
Display15,6” (16:9) LED backlit FHD (1920x1080) with slim bezel
GraphicsDiscrete graphics Nvidia GT940MX 2GB VRAM
Input/Output1 x Type C USB3.0 (USB3.1 GEN1), 1 x Fingerprint (On selected models), 1 x HDMI, 1 x USB 3.0 port(s), 1 x Microphone-in/Headphone-out jack, 2 x USB 2.0 port(s)
CameraVGA Web Camera
ConnectivityIntegrated 802.11ac (WIDI Support), Bluetooth V4.1
AudioBuilt-in Stereo 2 W Quad-Speakers And Digital Array Microphone
Battery3 Cells 42 Whrs Battery
Dimension(WxDxH) 361.4 x 243.5 x 17.9 mm
Weight1,7Kg with Battery
ColorsIcicle Gold
PriceRp9.799.000
Warranty2 tahun garansi global senilai Rp900.000

Galeri foto ASUS VivoBook S15 S510 (dari website resmi ASUS):
ASUS VivoBook S15 S510: Kece, Bertenaga, Terjangkau!ASUS VivoBook S15 S510: Kece, Bertenaga, Terjangkau!ASUS VivoBook S15 S510: Kece, Bertenaga, Terjangkau!
ASUS VivoBook S15 S510: Kece, Bertenaga, Terjangkau!ASUS VivoBook S15 S510: Kece, Bertenaga, Terjangkau!ASUS VivoBook S15 S510: Kece, Bertenaga, Terjangkau!
ASUS VivoBook S15 S510: Kece, Bertenaga, Terjangkau!ASUS VivoBook S15 S510: Kece, Bertenaga, Terjangkau!ASUS VivoBook S15 S510: Kece, Bertenaga, Terjangkau!
ASUS VivoBook S15 S510: Kece, Bertenaga, Terjangkau!ASUS VivoBook S15 S510: Kece, Bertenaga, Terjangkau!ASUS VivoBook S15 S510: Kece, Bertenaga, Terjangkau!
ASUS VivoBook S15 S510: Kece, Bertenaga, Terjangkau!ASUS VivoBook S15 S510: Kece, Bertenaga, Terjangkau!
Video teaser ASUS VivoBook S15 S510:

Seri VivoBook S15 S510 dirancang agar lebih terjangkau daripada seri ZenBook dengan tetap mengedepankan fitur dan performa yang baik. Jika umumnya notebook buatan brand lain hanya mengandalkan desain yang tipis dengan harga yang semuanya terbilang fantastis, ASUS dengan VivoBook S15 S510 nya ini merupakan terobosan baru dengan membawa inovasi anti mainstream yang belum ada di brand lain, ukuran yang lebih slim, dan dibanderol kurang dari sepuluh juta rupiah.

Laptop ini sangat cocok bagi Anda yang membutuhkan perangkat dengan mobilitas tinggi, ultraportable, memiliki performa diatas rata-rata, dan suka berpergian dengan membawa laptop. Yang pasti dari segi penampilan, ASUS VivoBook S15 S510 ini tak ketinggalan jaman. So, masih mau cari laptop lain?
Previous Post
Next Post

0 Please Share a Your Opinion.: